Senin 21 September 2020, 08:00 WIB

Harga Gas Industri Akhirnya Turun

mediaindonesia.com | Infografis
Harga Gas Industri Akhirnya Turun

Ist
Grafis harga gas industri turun.

MENTERI ESDM Arifin Tasrif mengeluarkan kebijakan penurunan harga gas untuk industri. Diharapkan mampu mendorong daya saing sektor industri nasional.

Kini hargaya USD 6 per MMBTU. Per April 2020, harga gas di plant gate konsumen ditetapkan maksimal USD 6 per MMBTU dari harga sebelumnya USD 7-10 per MMBTU.

Tidak pernah turun sejak 2006. Tahun 2012-2013, harga hulu gas naik USD1,08/MMBTU dan harga gas ke industri naik USD1,86/ MMBTU. Setelah itu tidak pernah mengalami penurunan harga lagi hingga tahun 2019.

Meningkatkan daya saing industri. Daya saing 7 sektor industri (Pupuk, Petrokimia, Baja, Keramik, Kaca, Sarung Tangan Karet dan Olekimia) semakin meningkat. Tujuh sektor industri ini sebelumnya sempat melambat karena kurang kompetitifnya harga gas.

Serap ribuan tenaga kerja. Total 370 ribu orang bekerja pada 7 bidang industri berbasis gas, dengan industri keramik sebagai industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja.

Tambah pendapatan negara hingga Rp 3,25 triliun. Dalam 5 tahun ke depan, negara mendapat tambahan pendapatan hingga Rp 3,25 triliun dari pajak dan deviden sektor industri, penghematan subsidi (listrik dan pupuk), penurunan kompensasi ke PLN dan kebijakan konversi pembangkit BBM ke gas.

Tidak mengganggu pendapatan KKKS Migas. Penurunan harga gas pada sisi hulu dilakukan melalui penurunan pendapatan bagian Pemerintah, sehingga tidak mengganggu pendapatan kontraktor migas. (OL-09)

Baca Juga

MI CAKSONO

Vaksinasi, Mitos dan Fakta

👤Caksono 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 20:38 WIB
Vaksin sudah terbukti efektif mencegah banyak penyakit, namun masih banyak orang yang tidak ingin melakukan program imunisasi, bahkan tidak...
MI CAKSONO

Menolong Manula yang Tinggal Sendirian selama Pandemi

👤Caksono 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 15:15 WIB
Menolong manula yang tinggal sendirian selama masa pandemi...
MI CAKSONO

Menolong Manula yang Tinggal Bersama Anda selama Pandemi

👤Caksono 🕔Senin 19 Oktober 2020, 15:15 WIB
Menolong manula yang tinggal serumah bersama Anda selama masa pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya