Minggu 20 September 2020, 13:00 WIB

Bali akan Gunakan Aromaterapi sebagai Terapi Tambahan Covid-19

Zubaedah Hanum | Humaniora
 

TIM Taskforce Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Tata Kelola Pemerintah Mayjen TNI dr Daniel Tjen Sp S memantau kesiapan Provinsi Bali dalam mengatasi masalah covid-19. Dalam kunjungannya, Jumat (18/9), dokter Tjen menyarankan agar Bali juga menyertakan kearifan lokal sebagai proses penyembuhan pasien covid-19.

“Bagian kesehatan harus memberikan bantuan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan sesuai kearifan yang ada di Bali,” kata dokter Tjen seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes, Minggu (20/9).

Merespons masukan tersebut, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan agar segera menggunakan produk Bali yaitu, aromaterapi yang sudah berizin Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Aromaterapi tersebut dipasok ke rumah sakit tempat karantina pasien untuk membantu proses penyembuhan.

"Harapannya pasien yang dirawat tidak ada yang meninggal, sembuh semuanya dan dengan pengurangan jumlah orang dalam beraktifitas membuat angka pasien covid-19 menurun. Bali harus mengatasi covid-19 secara cepat," ujar Wayan.

Dari laman resmi covid-19 Pemprov Bali, per 19 September 2020, tercatat ada 7.628 pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Bali. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.213 kasus atau 81,45% di antaranya dinyatakan sembuh. Sementara, jumlah kasus meninggal dunia tercatat 206 orang atau 2,7% dari total kasus.

Bali berada di peringkat ke-8 penyumbang kasus positif covid-19 di Indonesia. Angka kesembuhan di Bali cukup tinggi jika dibandingkan dengan  DKI Jakarta (77,56%), Jawa Tengah (66,02%), dan Jawa Barat (57,9%).

Wayan menyampaikan, sejak Senin (14/9), Bali mencatat penurunan pasien covid-19 per hari, yang awalnya di atas angka 100 orang per hari saat ini sudah di bawah 100. Saat ini tenaga kesehatan yang positif sudah dikarantina agar terjadi pemulihan total. Sementara bagi pasien positif covid-19 tanpa gejala tidak melakukan isolasi mandiri di rumah lagi tetapi akan diisolasi di hotel.

“Pemerintah Bali sudah mengeluarkan surat edaran terkait aktifitas orang 25% di semua bagian, yaitu kantor, pasar, tempat wisata dan ke fasilitas keagamaan yang ada di provinsi bali,” kata I Wayan Koster.

 

Manfaat Aromaterapi

Aromaterapi adalah terapi pemulihan dengan menggunakan minyak atsiri (essential oil) dari tanaman herbal atau bunga untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Menurut ahli, minyak aromaterapi bekerja dengan mengaktifkan area di hidung yang disebut reseptor bau. Reseptor ini mengirimkan pesan melalui sistem saraf menuju otak.

Minyak tersebut diperkirakan ahli menghidupkan bagian-bagian pada otak, seperti sistem limbik yang memengaruhi emosi. Selain itu, minyak atsiri dalam aromaterapi juga berdampak pada hipotalamus. Hipotalamus meresponsnya dengan memproduksi senyawa kimiawi otak seperti serotonin.

Sebelumnya, langkah mengombinasikan terapi medis dan metode lainnya banyak diterapkan di sejumlah daerah demi mempercepat penyembuhan pasien covid-19. Rumah Sakit TNI AD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, misalnya, memberikan madu murni, telur rebus dan vitamin guna membantu proses penyembuhan pasien covid-19.

Tim medis di RS TNI AD mempercayai madu murni sangat efektif membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh seseorang. Madu juga menjadi salah satu pengobatan dari warisan leluhur.

"Treatment obat-obatan dan juga makanan, salah satunya warisan leluhur adalah madu murni itu terbukti sangat membantu meningkatkan imun serta mempercepat kesembuhan," kata Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, beberapa waktu lalu. (H-2)

Baca Juga

MI/LIBRAINA

UT Terus Maju Tingkatkan Pelayanan Pendidikan Jarak Jauh

👤Bay/S2-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:56 WIB
Dikatakan, ada tiga program penting dalam mendukung kesuksesan mahasiswa, yakni pertama distance learning skill workshop. Kedua, kegiatan...
Dok.

Destinasi Wisata yang Tak Hanya Manjakan Mata

👤 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:30 WIB
Menjelajahi Indonesia saja, Kamu akan menemukan apa pun yang Kamu...
Dok Rutgers WPF Indonesia

Rutgers WPF Indonesia Beri Pendidikan Reproduksi bagi Remaja

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:04 WIB
Program tersebut diantaranya, Get Up Speak Out [GUSO], Yes I Do [YID], Prevention+ [P+], Dance 4 Life [D4L], dan Explore4Action[E4A] yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya