Minggu 20 September 2020, 12:52 WIB

Razia Prokes Berlanjut di Bali, Ratusan Pelanggar Didenda

Ruta Suryana | Nusantara
Razia Prokes Berlanjut di Bali, Ratusan Pelanggar Didenda

ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas menegur warga yang tidak mengenakan masker saat melakukan pengawasan prokes di kawasan Kuta, Badung, Bali.

 

RAZIA penerapan protokol kesehatan (prokes) yang digelar Pemprov Bali didukung sejumlah instansi terus berlanjut sejak dimulai PADA 7 September lalu. Kali ini, Minggu (20/9), razia digelar di tiga titik, yakni di seputaran Lapangan Puputan Margarana, Renon, simpang empat Jalan Moh Yamin-Jalan Rayaq Puputan, dan di bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kasatpol PP Pemprov Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mengawal penegakan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Rai Dharmadi menegaskan razia intensif ini bukan semata mengedepankan pengenaan denda, melainkan lebih kepada memberikan efek jera bagi masyarakat agar tidak lagi melanggar, khususnya dalam penggunaan  masker.

Baca juga: Jumlah Pasien Covid-19 di Babel yang Sembuh 262 Orang

"Bukan tujuan denda yang kita kedepankan, tapi bagaimana membuat masyarakat menjadi lebih patuh. Ingat satu prinsip, maskermu melindungiku, maskerku melindungimu. Bukan hanya sekedar mengenakan, tapi harus digunakan secara benar menutupi area mulut dan hidung," tegas Rai Dharmadi.

Pada razia gabungan ini, Satpol PP Pemprov Bali didukung sejumlah instansi seperti TNI/Polri, Dinas Perhubungan.

Sejumlah warga yang kedapatan tidak mengenakan masker langsung dikenakan sanksi denda. Petugas juga memberi teguran kepada sejumlah pengendara yang mengenakan masker secara tidak benar yaitu tidak menutupi bagian hidung.

Secara akumulatif, razia serentak yang digelar di seluruh Bali sejak 7 September 2020 telah menertibkan 557 orang pelanggar prokes, khususnya dalam penggunaan masker. Dari jumlah tersebut, sebanyak 264 orang dijatuhi sanksi denda dan 293 memperoleh sanksi pembinaan. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Polri

Arus Mudik Landai, Kakorlantas: Masyarakat Makin Sadar Kesehatan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 00:40 WIB
Ia melihat kondisi arus mudik libur panjang yang menuju Jawa Tengah hingga malam hari terpantau landai. Belum ada peningkatan volume arus...
Antara

Peternak Merugi Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak di Lembor

👤John Lewar 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:50 WIB
PETERNAK babi di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat  di Nusa Tenggara Timur (NTT), resah karena kematian mendadak hewan...
Dok MI

Waktu Tunggu Ekspor dari Belawan Dipangkas Lebih Cepat Dua Hari

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:40 WIB
"Waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah agar produk kita makin memiliki berdaya saing ," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya