Minggu 20 September 2020, 12:15 WIB

Mensos: Keluarga Penerima Manfaat PKH Graduasi Layak Dapatkan KUR

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Mensos: Keluarga Penerima Manfaat PKH Graduasi Layak Dapatkan KUR

Antara
Menteri Sosial Juliari P Batubara.

 

MENTERI Sosial Juliari P Batubara memastikan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) graduasi - Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki persyaratan yang cukup sebagai kreditor. Ia pun mendorong Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) merekrut mereka sebagai nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Sebab sudah termonitor mengenai konduitenya, termonitor usahanya, datanya juga jelas. Kita punya banyak KPM-PKH graduasi yang sudah memiliki usaha. Mereka ini bisa langsung ditawari KUR,” kata Mensos dalam keterangan resmi, Minggu (20/9).

Untuk diketahui, KPM yang sudah graduasi merupakan target nasabah yang paling aman. Jumlah KPM-PKH yang cukup ini banyak juga menjanjikan bagi perbankan.

“KPM yang kita punya itu puluhan juta, kalau diambil sekian persen saja sudah sekian juta. Sehingga tidak perlu cari nasabah yang baru,” katanya.

Juliari berharap Himbara dapat bekerja aktif mencari mantan KPM-PKH yang sudah tergraduasi ini. Menurutnya, menemukan KPM-PKH tergraduasi tidak sulit, karena sudah tersedia banyak jaringan. “Kan ada koordinator regional, koordinator wilayah, atau juga pendamping,” katanya.

Tak hanya itu, Juliari juga meminta kepada pimpinan daerah seperti gubernur, bupati atau wali kota untuk berperan menjembatani penyaluran KUR antara perbankan kepada KPM-PKH graduasi. “KPM yang graduasi yang berdagang dan perlu modal, bisa kawinkan saja dengan bank. Kasihlah kredit nanti yang sudah graduasi sudah tidak perlu lagi terima bantuan,” katanya.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin mengatakan KPM yang telah graduasi dari awal tahun hingga Agustus ini mencapai 711.126 keluarga, atau mencapai 71,1% dari target yakni 1 juta KPM. (H-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Ivermectin Bisa Jadi Alternatif Pengobatan Pasien Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:10 WIB
Sejumlah negara Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan...
Dok. Pribadi

Kowani : Sumpah Pemuda juga Momen Perjuangan Perempuan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 02:01 WIB
"Dua bulan setelah peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, para perempuan Indonesia menginisiasi pembentukan Perikatan...
Dok. Pribadi

Kemenpora : Potensi Pemuda Bangun Bangsa Harus Dioptimalkan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:55 WIB
Zainuddin optimistis, pemuda Indonesia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pembangunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya