Minggu 20 September 2020, 11:44 WIB

Pertamina Bantu UMKM Terdampak Covid-19 di Sorong

Martinus Solo | Nusantara
Pertamina Bantu UMKM Terdampak Covid-19 di Sorong

MI/Martinus Solo
Bupati Sorong Johny Kamuru menerima bantuan Rp1,4 miliar dari Pertamina untuk UMKM terdampak covid-19.

 

GUNA membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sorong, Papua Barat yang terdampak covid-19, PT Pertamina memberikan bantuan sebesar Rp1,45 miliar, Minggu (20/9).

Hal tersebut dilakukan karena PT Pertamina (Persero) mempunyai kepedulian dalam mendorong kemandirian masyarakat, terutama UMKM.

PT Pertamina turut ambil bagian dalam pengembangan UMKM melalui Program Kemitraan, yakni pengembangan pelaku usaha UMKM melalui permodalan, pemberian pelatihan dan sertifikasi, serta akses pasar.

Baca juga: Sebanyak 84% Penderita Covid -19 di Kalsel Sembuh

Vice Presiden CSR and SMEPP PT Pertamina Arya Dwi R menjelaskan program kemitraan merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina, dalam mendorong UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

"Program kemitraan ini adalah bagian dari program community development di Pertamina yang bentuknya berupa pinjaman modal usaha biaya murah, untuk rekan-rekan yang merintis usahanya di usaha kecil dan menengah," ungkap Arya kepada awak media usai kegiatan penyalurkan program kemitraan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VII Kasim, Minggu (20/9).

Dibeberkan Arya, pada 2020, Pertamina akan menyalurkan bantuan program kemitraan di wilayah Sorong, Papua Barat, sebesar Rp3 miliar. Untuk saat ini, program kemitraan yang telah disalurkan di wilayah Sorong, Papua Barat, sebesar Rp1,45 miliar untuk sekitar 28 mitra binaan. Masing-masing mitra, mendapatkan besaran bantuan bervariasi.

"Program kemitraan ini akan terus digulirkan. Untuk wilayah Sorong, bantuan yang telah disalurkan sebesar Rp1,45 miliar, untuk 28 mitra binaan. Yang membuat hari ini istimewa adalah karena ini perdana di Sorong. Pertamina RU VII Kasim dan Pertamina MOR VIII, berkomitmen untuk terus mendukung UMKM yang ada disini," ujarnya.

Dibeberkan VP CSR and SMEPP Pertamina, pelaku UMKM tentunya di era pandemi membutuhkan dorongan dan dukungan. Salah satunya adalah modal usaha. Pinjaman ini nanti semuanya bergulir dan akan memberikan manfaat yang multiplayer effect kepada baik pemilik usaha maupun masyarakat di sekitarnya, yaitu dengan harapan terbukanya lapangan pekerjaan.

"Kesempatan-kesempatan bekerja di usaha kecil, menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Harapannya, program kemitraan ini juga bisa bermanfaat bagi usaha-usaha kecil yang lain. Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah, atas dukungan dan bimbingannya. Sehingga program kemitraan ini bisa tepat sasaran. Memang kondisi pandemi ini dirasakan pastinya akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan meringankan dan justru membangkitkan kembali semangat wirausaha khususnya yang ada di wilayah Sorong," tegas Arya.

Menurut Arya, dalam program kemitraan ini akan diberikan pendampingan antara lain dengan memberikan pelatihan dan juga proses untuk akses pasar.

"Pertamina memfasilitasi akses pasar dan juga sertifikasi halal serta sertifikasi Badan POM, untuk para mitra binaan. Memang kita akan menyeleksi mitra-mitra yang potensial, untuk diberikan pendampingan ini sehingga harapannya semua bisa tumbuh berkembang," jelas Arya.

Ditambahkannya, kesempatan ini dibuka juga untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha, tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku karena semuanya akan diseleksi.

Sementara itu, Unit Manager Comreal and CSR Pertamina RU VII Kasim Dodi Yapsenang menjelaskan, pihaknya menyalurkan bantuan program kemitraan sebesar Rp1,45 miliar kepada 28 mitra binaan.

"Masih banyak lagi dana yang harus kami salurkan. Oleh karena itu, kami minta bantuan OPD terkait untuk bekerja sama dalam penyaluran program kemitraan. Penyaluran kali ini bergerak pada beberapa sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan dan perikanan yang tersebar di Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Sorong Selatan," tandasnya seraya berharap program ini dapat membantu pelaku UMKM untuk dapat bertahan pada masa pandemi, sehingga bisa menjadi penopang ekonomi yang kuat.

Selanjutnya, Bupati Sorong Johny Kamuru berterima kasih kepada PT Pertamina yang bersedia memberikan kepedulian kepada pelaku UMKM, melalui program kemitraan terutama di masa pandemi covid-19.

"Pemerintah daerah sangat mensupport program kemitraan yang dijalankan oleh Pertamina. Kami berharap dengan adanya program ini, dapat membantu para pelaku UMKM khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Sorong dalam mengembangkan usahanya," tandas Bupati Sorong. (OL-1)

Baca Juga

dok.123rf

Positif Covid-19 di Kota Malang Capai 2.012 Kasus

👤Bagus Suryo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:20 WIB
KASUS positif covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur sudah menyentuh angka 2.000 an lebih. Angka itu meningkat sembilan kasus dari data sehari...
Antara

Wisatawan ke Cianjur Harus Jalani Rapid Test

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:05 WIB
WISATAWAN yang hendak berlibur di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjalani tes cepat (rapid test) di check point Seger...
MI/Heri Susetyo

Maulid Nabi Pemicu Semangat Mengabdi Negara dan Layani Masyarakat

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 14:52 WIB
KH Ali Mas’ud mengingatkan kepada yang hadir untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. Sebab banyak nikmat yang telah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya