Minggu 20 September 2020, 10:50 WIB

Kapolda Jatim Tinjau Operasi Yustisi di Daerah Rawan Covid-19

Hery Susetyo | Nusantara
Kapolda Jatim Tinjau Operasi Yustisi di Daerah Rawan Covid-19

MI/Hery Susetyo
Kapolda Jawa Timur meninjau operasi yustisi di daerah rawan penularan covid-19.

 

KAPOLDA Jawa Timur Irjen M Fadil Imran didampingi Wakapolda Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo bersama sejumlah pejabat utama memantau langsung pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) di kawasan rawan penyebaran covid-19, Sabtu (19/9) malam.

Peninjauan operasi yustisi tersebut dilakukan di Jalan Tambak Sari di depan Stadion 10 November Surabaya dan kawasan Jembatan Suramadu. Dua wilayah ini dikenal sebagai kawasan padat yang rawan penularan covid-19.

Di dua kawasan itu, petugas masih mendapati banyak warga tidak menggunakan masker. Selain itu juga ditemukan banyak warga bergerombol tidak memperhatikan physical distancing.

Baca juga: Pelanggar Prokes di Sidoarjo Cenderung Turun

Mereka yang tidak mengenakan masker ataupun yang bergerombol dikenai sanksi denda. Sanksi denda diberikan sesuai Perda Nomor 2 tahun 2020.

Kapolda Jatim, melalui Kabid Humas Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kegiatan itu akan terus dilakukan secara kontinyu selama masa pandemi. Maka, dia mengimbau masyarakat untuk menggelorakan Jatim bermasker.

"Kita sudah gelorakan Jatim bermasker, sudah jutaan masker oleh Forkopimda Jatim diberikan kepada masyarakat, dan juga sudah sosialisasi, edukasi, mari kita sama-sama sadar, sama-sama berpartisipasi dan sama-sama memberikan dan mengingatkan, gotong royong, guyup," kata Trunoyudo.

Trunoyudo menambahkan operasi yustisi akan lebih banyak dilakukan di daerah yang banyak warganya terdeteksi covid-19. Selain penegakan lewat penindakan dan denda, tujuan operasi yustisi untuk mengedukasi warga terkait penyebaran covid-19.

"Sasaran kita mengacu pada data, apabila di situ merupakan wilayah yang klasternya ada dan kemudian terkonfirmasinya tinggi tentu kita lakukan intervensi dengan melakukan edukasi, preventif, dan juga penindakan," kata Trunoyudo. (OL-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Pertamina MOR IV Bantu Korban Banjir di Kebumen

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 12:37 WIB
Pertamina MOR IV Jateng-DIY mengirimkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di sejumlah kecamatan di Kebumen, Jawa...
MI/Depi Gunawan

Wisatawan Mulai Antri Sejak Pagi di Gerbang Wisata Lembang

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:38 WIB
Pengunjung rela antri sejak pagi sebelum objek wisata dibuka, Rabu (28/10) di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat saat dimulai...
MI/Denny Susanto

Langgar UU Pilkada Denny Indrayana Desak Petahana Didiskualifikasi

👤Denny Susanto 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:07 WIB
Paslon nomor 2 gubernur Kalsel Denny Indrayana-Difriadi  melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh Palson 1 petahana yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya