Minggu 20 September 2020, 10:45 WIB

Perludem Minta Pilkada Ditunda untuk Lindungi Para Pemilih

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Perludem Minta Pilkada Ditunda untuk Lindungi Para Pemilih

Dok MI
Ilustrasi Pilkada

 

PERKUMPULAN untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mendesak penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 ditunda. Hal itu guna melindungi pemilih tertular virus korona (covid-19).

"Melaksanakan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 telah secara nyata mengancam keselamatan jiwa banyak orang," kata Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9).

Perludem menyoroti tiga komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang positif covid-19. Ketua KPU Arief Budiman dan dua komisioner lainnya, Pramono Ubaid Tanthowi dan Evi Novida Ginting, terinfeksi virus korona.

Baca juga: Bawaslu Ungkap Modus Pelibatan Anak saat Kampanye

Khoirunnisa mengatakan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu mesti mempertimbangkan masih tingginya penambahan jumlah pasien terinfeksi covid-19. Pilkada bisa dilaksanakan sampai adanya indikator pengendalian penyebaran virus korona yang terukur dan akurat.

"Mengingat penyebaran covid-19 semakin meluas dan dapat mengancam siapa saja," ujar Khoirunnisa.

Khoirunnisa menuturkan penundaan pelaksanaan Pilkada sangat dimungkinkan secara hukum. Terlebih dalam situasi mendesak pandemi saat ini.

Menurut dia, menunda tahapan pilkada bukan berarti gagal berdemokrasi. Melainkan menunjukkan sikap cepat tanggap membaca situasi dan mengedepankan kesehatan publik.

"Melanjutkan tahapan Pilkada dengan risiko besar atau menunda sampai adanya pengendalian wabah yang terukur," pungkas Khoirunnisa. (OL-1)

Baca Juga

MI/Susanto

Siti Fadillah Bebas, KPK : Semoga Jadi Pelajaran Pejabat Lain

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 18:18 WIB
Ia mengatakan, kasus Siti Fadillah Supari harus menjadi perhatian dan pelajaran pejabat negara yang masih aktif dan berwenang menggunakan...
Antara/Abriawan Abhe

Mahfud MD: Protes Penyataan Presiden Macron Harus Tertib

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:08 WIB
"Pemerintah menyerukan bahwa setiap upaya mengekspresikan atau menyatakan pendapat terkait dengan apa yang dinyatakan oleh Presiden...
Antara

Megawati Cuek Dicibir soal Milenial Rendah Kontribusi

👤 Cahya Mulyana 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:05 WIB
KETUA Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menanggapi dengan santai soal kontroversi dari ucapannya mengenai kontribusi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya