Minggu 20 September 2020, 07:24 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Melonjak

Djoko Sardjono | Nusantara
Pasien Positif Covid-19 di Klaten Melonjak

MI/Djoko Sardjono
Dua orang mengenakan masker beraktivitas di Alun-Alun Klaten.

 

LONJAKAN kasus positif Covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, belum terkendali. Pasien terkonfirmasi positif tiap hari bertambah, meski juga terdapat pasien positif sembuh.

"Simak saja, Sabtu (19/9), pasien terkonfirmasi positif bertambah 28 orang. Sehingga, jumlah akumulatif  pasien positif kini menjadi 565 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Cahyono Widodo.

Cahyono menyebut penambahan 28 pasien positif itu warga dari 11 kecamatan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pemkab Klaten Bantu 60 Ribu Warga

Kecamatan Tulung menjadi penyumbang pasien positif terbanyak, yaitu 9 orang. Kemudian, Jogonalan 4 orang, Wedi 3 orang, Klaten Utara 3 orang, dan Klaten Selatan 3 orang.

Sedangkan enam wilayah kecamatan lainnya, Wonosari, Gantiwarno, Cawas, Prambanan, Kebonarum, dan Kecamatan Ceper, masing-masing 1 pasien yang terkonfirmasi positif.

Sebanyak 21 dari 28 pasien positif baru kontak erat kasus positif covid-19, enam orang terpapar saat beraktivitas di Klaten, dan satu lainnya ketika berada di luar daerah.

"Saat ini, sebanyak 23 pasien positif baru covid-19 menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Sedangkan lima orang lainnya  dirawat di rumah sakit," kata Cahyono.

Kemudian, dari 25 pasien positif yang sembuh, 24 orang di antara mereka menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Sedangkan satu orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Meski sudah sembuh, lanjut Cahyono, mereka tetap diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri minimal selama tujuh hari.

"Dengan penambahan 28 pasien positif dan 25 orang sembuh, jumlah  akumulatif pasien positif menjadi 565 orang, 438 sembuh, 107 dirawat/isolasi, dan 20 orang meninggal," paparnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Pertamina MOR IV Bantu Korban Banjir di Kebumen

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 12:37 WIB
Pertamina MOR IV Jateng-DIY mengirimkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di sejumlah kecamatan di Kebumen, Jawa...
MI/Depi Gunawan

Wisatawan Mulai Antri Sejak Pagi di Gerbang Wisata Lembang

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:38 WIB
Pengunjung rela antri sejak pagi sebelum objek wisata dibuka, Rabu (28/10) di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat saat dimulai...
MI/Denny Susanto

Langgar UU Pilkada Denny Indrayana Desak Petahana Didiskualifikasi

👤Denny Susanto 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 11:07 WIB
Paslon nomor 2 gubernur Kalsel Denny Indrayana-Difriadi  melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh Palson 1 petahana yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya