Sabtu 19 September 2020, 16:30 WIB

KPK Siap Bongkar Nama Lain di Skandal Pinangki

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
KPK Siap Bongkar Nama Lain di Skandal Pinangki

MI/Fransisco C
Terdakwa Jaksa Pinangki Sirna Malasari terjerat kasus korupsi Joko Tjandra (tengah)

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan akan mengungkap nama lain dalam sengkarut kasus rasuah pemberian hadiah atau janji dari Joko Tjandra yang belum dapat ditangani Kejaksaan Agung. Itu akan terungkap karena perkara yang telah menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari ini akan segera terbuka di persidangan.

"Insya Allah karena berkas jaksa P (Pinangki) telah dilimpahkan ke persidangan, maka terbuka bagi KPK untuk memulai penyelidikan pada nama-nama yang disampaikan MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) sepanjang memang didukung bukti yang cukup untuk itu," ungkap Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam keterangan resminya, Sabtu (19/9).

Menurut dia, KPK akan menindaklanjuti laporan masyarakat menyangkut pengembangan kasus ini seperti yang telah diterima dari MAKI. Fakta-fakta persidangan Jaksa Pinangki berikut tersangka lain akan dianalisa oleh KPK.

Bila terdapat bukti yang kuat untuk mengungkap pihak yang belum dijerat Korps Adhiyaksa, KPK segera mengungkapkannya. Itu sejalan dengan tugas koordinasi dan supervisi KPK yang digariskan regulasi.

"Yaitu jika ada laporan masyarakat yang tidak ditindaklanjuti maka KPK dapat langsung mengambil alih dan menindaklanjutinya sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, Kejaksaan Agung mengaku belum mendapatkan bukti kuat untuk mengungkap di luar tiga orang yang telah ditetapkan tersangka. Namun Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Ali Mukartono akan mengembangkan perkara ini bila terdapat temuan baru.

Sidang perdana Jaksa Pinangki akan berlangsung pada Rabu (23/9) September 2020. Kejaksaan akan fokus untuk menyimak dan mengumpulkan fakta persidangan dan mengkaji lebih dalam bila terdapat petunjuk baru.

Kendati demikian, MAKI menilai terdapat nama-nama yang belum dapat diungkap Korps Adhiyaksa dalam penyidikan kasus ini. Selain pihak yang disebut dengan panggilan bapakku dan bapakmu oleh Pinangki ada juga lima nama T, DK, BR, HA, dan SHD. (OL-13)

Baca Juga: Sesneg Jelaskan Alasan Bambang Trihatmodjo Dicekal ke Luar Negeri

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

DPR Optimistis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tercapai

👤Putra Ananda 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:33 WIB
Tingginya partisipasi pemilih dapat menjadi salah satu indikator kualitas pelaksanaan...
DOk. Sekretariat Pers Presiden Ri

Wakil Ketua DPR : Kunjungan PM Jepang bukan Kunjungan Biasa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:03 WIB
Kunjungan itu memberi sinyal kepada pemerintah, agar tidak melupakan peran strategis Jepang membangun harmoni geopolitik dan ekonomi dunia...
Antara

Usut Penyebab Kebakaran Kejagung, Penyidik Gelar Ekspos

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:33 WIB
"Sore ini pukul 15.30 WIB sesuai rencana, penyidik ekspos di depan jaksa peneliti di Kejagung," ujar Karopenmas Divisi Humas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya