Jumat 18 September 2020, 16:01 WIB

Usia di Atas 35 Tahun Lebih Rentan Terpapar Hoaks

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Usia di Atas 35 Tahun Lebih Rentan Terpapar Hoaks

Dok.MI
Ilustrasi

 

DESK Head kanal Cek Fakta Medcom.id, Wanda Indana, mengatakan kelompok masyarakat yang berumur lebih dari 35 tahun dinilai lebih rentan menjadi pelaku dan penerima berita bohong atau hoaks.

"Jadi berdasarkan survei Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) kelompok lebih rentan hoaks yakni berumur 35 tahun ke atas yang lahir sebelum teknologi semaju saat ini," kata Wanda saat webinar bertajuk Hoaxbuster! Tips Sederhana Memeriksa Hoaks yang diadakan Media Academy, Jumat (18/9).

Sementara, generasi milenial dianggap lebih melek dan bisa memilah mana berita, foto, atau video hoaks atau bukan.

Baca juga: Kapan Polri Kembali Panggil Anji Soal Dugaan Hoaks Obat Covid-19?

Selain itu, kelompok usia yang lebih matang tersebut juga berpotensi menjadi pelaku penyebar hoaks. Hal itu dikarenakan kebiasaan untuk melakuka foward dengan hanya membaca judul yang provokatif tanpa melakukan verifikasi.

"Justru usia yang matang sangat rentan menerima dan jadi pelaku hoaks, sedangkan milenial lebih melek karena milenial dinilai lebih akrab dengan teknologi," ungkapnya.

Adapun pasal yang digunakan bagi pelau penyebar hoaks yakni Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran hoaks, Medcom.id membantu masyarakat untuk melakukan verifikasi terhadap berita, surel, foto, atau video yang dicurigai hoaks.

"Medcom.id juga mengajak masyarakat untuk memerangi hoaks dengan bergabung dengan Hoax Buster Medcom.id.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengirim email cekfakta@medcom.id disertai #cekfaktamedcom dan nama, nomor ponsel, pekerjaan, serta domisili. Atau melalui WhatsApp dengan nomor 0821 1332 2016. (OL-4)

Baca Juga

Dok. UBL

Wisuda UBL Dihadiri mantan Wapres dan Duta Besar Secara Virtual

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:51 WIB
Wisuda ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di Gedung Grha Mahardika Bujana (Auditorium) kampus.UBL...
ANTARA

IPB University akan Anugerahi Doni Monardo Doktor Honoris Causa

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:50 WIB
Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB University pada Selasa...
DOk. UT

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB
Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya