Jumat 18 September 2020, 15:05 WIB

Jumlah Kasus Positif Korona Naik, NTT Belum akan Terapkan PSBB

Palce Amalo | Nusantara
Jumlah Kasus Positif Korona Naik, NTT Belum akan Terapkan PSBB

ANTARA/Kornelis Kaha
Petugas Rumah Sakit Lanud El Tari Kupang membagikan masker kepada warga seusai menjalani tes cepat covid-19 di Kupang, NTT, Jumat (4/9).

 

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) belum mengeluarkan keputusan untuk menerapkan pembatasan sosial serskala sesar (PSBB) di di tiga kabupaten yang mengalami lonjakan kasus covid-19.

Sesuai laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, Jumat (18/9) siang, lonjakan kasus covid-19 terjadi di dua daerah yakni Ende mencapai 61 kasus, Manggarai 22 kasus dan Manggarai Barat 17 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Dominikus Mere mengatakan pemerintah telah melakukan evaluasi terkait 
dengan peningkatan kasus tersebut. "Kalau terus meningkat tentu gubernur sebagai ketua umum satgas akan mengambil kebijakan. Kalau kita lihat dari hari ke hari ada peningkatan kasus," ujarnya.

Sebelumnya Dominikus mengatakan belum ada kebijakan pemerintah menutup sementara transportasi udara ke Ende terkait lonjakan kasus 
tersebut.

Sebaliknya pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan gugus tugas di kabupaten tersebut, termasuk gugus tugas di kabupaten lainnya di NTT dan sejumlah provinsi untuk memantau pelaku perjalanan. Pasalnya, peningkatan kasus covid-19 di NTT paling banyak berasal dari pelaku perjalanan dan transmisi lokal.

"Kita harus lihat dari dua sisi, satgas dan juga provinsi dan kabupaten dan juga satgas pusat, kita akan evaluasi kalau nanti kasusya (terus) 
meningkat," kata dia.

Sampai Jumat (18/9) siang, jumlah warga yang positif korona dilaporkan berasal dari 11 kabupaten dan kota yakni Alor, Ende, Flores Timur, Kupang, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Timur dan Timor Tengah Selatan. Total terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 313 orang terdiri dari 128 orang dirawat, 180 orang sembuh, dan lima orang meninggal. (H-3)

Baca Juga

Medcom.id

Brigade Banjir Jaga Persawahan dari Terjangan Bah

👤Iam/Fer/X-3 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 03:41 WIB
Badai La Nina dengan curah hujan tinggi bisa berdampak terhadap sektor pertanian, perikanan, perhubungan, dan lingkungan hidup. Sebagai...
Ist -- MI/RAMDANI

Kulon Progo Bakal Bangun Jalan Lingkar Beranggaran Rp4 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 03:30 WIB
Panjang ruas jalan Simpang Kasatrian-Jalan Nasional Yogyakarta-Wates 950 meter, namun kondisi rusaknya 650...
MI/Yoseph Pencawan

Medan Masih Bergelut dengan Persoalan Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 03:00 WIB
Kunci penyelesaian masalah sampah di Medan ada di tangan pemerintah, namun sejauh ini, pemerintah daerah setempat belum maksimal dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya