Jumat 18 September 2020, 14:42 WIB

3.711 Kamar Hotel Siap Tampung Pasien OTG di Jakarta

M. Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
3.711 Kamar Hotel Siap Tampung Pasien OTG di Jakarta

ANTARA FOTO/Fauzan
Petugas keamanan berjaga di hotel yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19, di Hotel Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten

 

KETUA Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, Krisnadi, mengungkapkan hingga saat ini sebanyak 27 hotel terdaftar untuk menampung pasien covid tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan.

"Saat ini sudah ada 27 hotel yang siap dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien covid yang tanpa gejala dan gejala ringan," kata Krisnadisaat dihubungi, Jumat (18/9).

Dari 27 hotel tersebut tersedia 3.711 kamar yang masing-masing ditempati satu pasien satu kamar. Salah satu hotel yakni Yello Hotel, Ibis Hotel, POP Hotel, Mercure Hotel, dan lainnya.

"Persiapannya pasti banyak parameternya sudah siap karena secara fisik pemilihan hotel bintak 3 sudah memenuhi standar," ujar Krisnadi.

Ketentuannya antara lain setiap kamar harus memiliki kamar mandi, wifi, ruang makan, ruang rapat, ruang posko, dan lainnya.

Nantinya, suasananya akan seperti di Wisma Atlet karena akan dijaga dari berbagai macam stakeholder terkait seperti dinkes, dokter yang menjaga, BNPB, dan TNI yang menjaga.

"Karena kurang lebih nuansanya kaya di Wisma Atlet Kemayoran, jadi gak sembarangan keluar masuk. Gak bisa keluarga pasien nyelonong nganter makanan gak bisa tuh," jelasnya.

Selain itu, di dalam hotel akan memiliki sejumlah protokol kesehatan seperti penyemprotan desinfektan secara berkala, karyawan tidak boleh kontak badan dengan pasien, pasien kuga tidak bisa wara-wiri di hotel dan lainnya.

PHRI Jakarta berharap Wisma Atlet tidak sampai penuh sehingga hotel tidak digunakan untuk menampung pasien tanpa gejala atau gejala ringan lagi. Karena jika hotel menampung pasien suasana Ibu Kota semakin mengerikan.

"Namun setiap hotel ini siap-siap andai kata Wisma Atlet penuh terpaksa kita berpartisipasi, silahkan hotel untuk mondok untuk penyembuhan," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Lapas Perempuan Tangerang

Lapas Perempuan Tangerang Bagi-bagi Masker Buatan Narapidana

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:27 WIB
Kegiatan bertajuk 'KUMHAM Peduli KUMHAM Berbagi' tersebut berlangsung di lingkungan Lapas, yakni Jalan Mochammad Yamin, hingga...
Dok Modernland Realty

TNI Dukung Penghijauan di Jakarta Garden City

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 00:50 WIB
PENGEMBANG perumahan Jakarta Garden City, PT Mitra Sindo Sukses yang merupakan anak usaha PT Modernland Realty...
Dok MI

Hari Ini Kasus Positif di Jakarta Tembus 1000 Pasien

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 20:15 WIB
Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 12.934 (orang yang masih dirawat /...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya