Jumat 18 September 2020, 14:00 WIB

Sampah Anda Akan Dikirim Ke Rumah Jika Buang di Taman Nasional Ini

Bagus Pradana | Weekend
Sampah Anda Akan Dikirim Ke Rumah Jika Buang di Taman Nasional Ini

Dok. Instagram @khaoyainationalpark
Pihak berwenang di Taman Nasional Khao Yai di Bangkok akan mengirimkan sampah yang dibuang sembarangan ke rumah pengunjung.

SELAMA ini himbauan untuk membawa turun sampah memang sudah umum di berbagai taman nasional maupun gunung. Namun tetap saja banyak sampah ditinggalkan pendaki dan pengelola pun tidak dapat berbuat banyak.

Namun hal berbeda akan terjadi di Taman Nasional Khao Yai di Bangkok, Thailand. Sampah yang anda buang sembarang akan dikirimkan ke rumah anda. Pengelola bisa melakukan itu karena anda harus mencantumkan alamat jelas saat mendaftar masuk taman nasional.

Pihak berwenang di Taman Nasional Khao Yai di Bangkok akan mulai mewajibkan pencacatan alamat jelas itu dengan segera.  Selain itu, pelanggar juga akan serahkan kepada polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Membuang sampah sembarangan di taman nasional adalah pelanggaran hukum di Thailand, pelakunya dan mendapatkan hukum hingga lima tahun penjara dan dikenakan denda yang cukup besar.

Untuk mensosialisasikan peraturan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Thailand, Varawut Silpa-archa pun memposting beberapa foto sampah di akun facebook pribadinya yang dikumpulkan dalam beberapa bungkusan kardus oleh otoritas taman nasional yang siap dikirimkan kembali kepada pemilik yang membuangnya. 

"Sampah anda akan kami kirim kembali kepada anda" tulis Varawut Silpa-archa, seperti dilansir Bbc.com (18/9).

Dalam foto-foto yang ditampilkan oleh Varawut, terpampang sebuah catatan kecil yang berbunyi, "Anda lupa barang-barang ini di Taman Nasional Khao Yai." Otoritas taman Taman Nasional Khao Yai mengatakan sampah yang tertinggal ini bisa sangat berbahaya bagi hewan-hewan penghuni taman nasional yang mungkin mencoba untuk memakannya.

Taman Nasional Khao Yai terletak di timur laut ibu kota Thailand, Bangkok, membentang dalam areal seluas lebih dari 2.000 km persegi dan sangat populer di kalangan pendaki. Selain itu, taman ini merupakan taman nasional tertua di Thailand yang juga terkenal dengan destinasi wisata air terjun dan pemandangannya yang indah. (M-1)
 

Baca Juga

AFP

Baru Umur Tiga Bulan, Penjualan Album Taylor Swift Lewati 1Juta

👤Bagus Pradana 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 01:05 WIB
Folklore digadang-gadang akan menerima sejumlah nominasi Grammy...
123RF

Spirit Dua Festival dalam KEMBALI20

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 23:10 WIB
Festival daring ini menggantikan Ubud Writers & Readers Festival serta Ubud Food Festival yang tahun ini...
Dok. Blakcwood

Label Tanah Air Hadirkan Furnitur Paduan Italia - Amerika

👤MI Weekend 🕔Senin 26 Oktober 2020, 15:40 WIB
Koleksi terbaru Blackwood dan Ary bergaya campuran Italia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya