Kamis 17 September 2020, 15:12 WIB

Antisiapasi Kerumuman Kampanye, Bawaslu Bentuk Pokja

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Antisiapasi Kerumuman Kampanye, Bawaslu Bentuk Pokja

MI/Susanto
Baliho Pilkada Tangsel 2020

 

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menginisiasi kelompok kerja (Pokja) untuk mengantisipasi kerumunan dan bentuk pelanggaran lain pada masa kampanye. Pokja ini terdiri dari kepolisian, TNI, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kementerian Dalam Negeri, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan covid-19 juga Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ada kepolisian, TNI, ada dari Kemendagri, DKPP, kemudian dari Kejaksaan Agung, juga dari Satgas Covid dan juga KPU. Harapan yang kami laksanakan hari ini mengagendakan untuk membahas bagaimana mengantisipasi tahapan pilkada yang kebetulan pada tgl 23, 24, kemudian 26 September itu masa kampanye," kata Ketua Bawaslu RI Abhan usai rapat tersebut, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (17/9).

Menurut dia, pokja ini akan mengantisipasi supaya pelanggan protokol yang pernah terjadi pada tahap pendaftaran tidak terulang. Langkahnya dengan mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi terhadap peserta pilkada.

"Sasarannya tentu kepada pasangan calon kemudian partai politik pengusung agar pada tahapan yang menurut kami ada potensi kerumunan massa tidak terulang seperti yang terjadi pada 4 sampai 6 September (tahapan pendaftaran)," ujarnya.

Ia mengatakan, kepolisian akan menindak tegas pelanggar protokol kesehatan pada masa kampanye. Sanksinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan bobot pelanggaran.

Abhan menambahkan Bawaslu selaku ketua pokja akan melibatkan parpol dan tim kampanye pasangan calon dari calon perseorangan maupun partai. "Kemudian juga nantinya meminta adanya pakta integritas bagi paslon yang akan ditetapkan pada tanggal 23 untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19 dan tidak melakukan pengumpulan massa pada kegiatan berikutnya," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Wapres Ajak DPD RI Sukseskan Pilkada Serentak

👤Sru/Ind/Ant/P-2 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:47 WIB
Dukungan DPD RI akan mendorong keberhasilan pesta demokrasi tanpa mengorbankan kesehatan masyarakat di tengah pandemi...
MI/ADAM DWI

Enam Pasangan Calon Gagal Lolos Verifikasi

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:38 WIB
Bawaslu mengingatkan potensi pelanggaran netralitas aparatur sipil negara dengan mobilisasi oleh 224...
Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr

Pancasila Harus Dipahami secara Utuh

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:15 WIB
Presiden mengatakan bangsa Indonesia sepanjang sejarah berdirinya telah menghadapi berbagai tantangan, termasuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya