Kamis 17 September 2020, 10:39 WIB

Selain Pinangki, Andi Irfan Juga Terima Uang dari Joko Tjandra

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Selain Pinangki, Andi Irfan Juga Terima Uang dari Joko Tjandra

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Tersangka kasus suap Andi Irfan Jaya (mengenakan rompi tahanan).

 

KEJAKSAAN Agung mengungkap Andi Irfan Jaya, tersangka dalam perkara dugaan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA), juga menerima uang dari terpidana kasus cassie Bank Bali Joko Tjandra.

Selama ini, Kejagung baru menjelaskan bahwa Andi Irfan hanya menjadi perantara suap antara tersangka Jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan Joko Tjandra.

"Ya terima duit juga dia (Andi Irfan) dari Joko Tjandra," ungkap Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejagung Febrie Ardiansyah di Jakarta, Kamis (16/9).

Baca juga: Saksi Rahmat dalam Kasus Pinangki Dicekal Enam Bulan

Namun, Febrie belum dapat memaparkan berapa nominal uang yang masuk ke kantong Andi Irfan. Pasalnya, sampai saat ini, penyidik belum melakukan pemeriksaan terhadap Andi Irfan.

"Pembagian (uang) belum ketahuan, cuma melalui dia," kata Febrie.

Kejagung menjadwalkan pemeriksaan terhadap Andi Irfan pada Rabu (23/9) pekan depan. Hal itu dilakukan karena ia harus menjalani proses isolasi selama dua pekan di rutan KPK

"Hari Rabu panggilannya (pemeriksaan Andi Irfan Jaya)," ungkap dia.

Sebelumnya, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono menjelaskan uang suap yang diduga diterima Pinangki sebesar US$500 ribu dari Joko Tjandra diserahkan melalui Andi Irfan.

“Sejak awal sudah kami sampaikan dugaannya sekitar US$500 ribu, dugaannya diterima jaksa P, tapi apakah diterima langsung, apakah orang ketiga, penyidik menetapkan satu orang lagi. Melalui (Andi Irfan) inilah uang ini sampai,” jelas Hari. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi Ingatkan Hidup Bersih & Sehat itu Anjuran Agama

👤Anggitondi Martaon 🕔Sabtu 26 September 2020, 11:43 WIB
Pola hidup bersih harus diterapkan dari diri sendiri. Baik itu saat berada di dalam atau di luar rumah. Saat beraktivitas di luar rumah,...
Antara

Ghufron: Pejuang Tak Akan Tinggalkan Gelanggang

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 26 September 2020, 11:40 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menghormati keputusan pegawai KPK yang mengundurkan diri. Namun ia mengatakan pejuang tidak akan mundur dari...
Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Jokowi: Program Perlindungan Sosial Berjalan Baik

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 26 September 2020, 11:26 WIB
Program tersebut di antaranya terealisasi dalam berbagai bentuk seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Nontunai, Sembako, Bantuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya