Kamis 17 September 2020, 08:41 WIB

Pandemi Tunda Penyelesaian Basilika Sagrada Familia di Barcelona

Faustinus Nua | Internasional
Pandemi Tunda Penyelesaian Basilika Sagrada Familia di Barcelona

AFP/Pau BARRENA
Basilika Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol.

 

PENYELESAIAN pembangunan Basilika Sagrada Familia di Barcelona yang telah lama ditunggu-tunggu tidak akan terjadi pada 2026 seperti yang ditargetkan. Hal itu disebabkan pandemi covid-19 yang telah membatasi proses pembangunan dan membuat pendanaan Basilika itu tersendat.

"Efek pandemi telah memaksa kami memikirkan kembali jadwal yang kami rencanakan. Ini memengaruhi tanggal akhir yang kami rencanakan pada 2026," kata Esteve Camps yang mengepalai dewan konstruksi Sagrada Familia seperti dirilis AFP, Rabu (16/9).

Salah satu tempat wisata utama Spanyol, mahakarya arsitektur yang menjulang tinggi itu telah dibangun selama hampir 140 tahun. Tetapi proyek besar itu baru menerima izin bangunan tahun lalu.

Baca juga: Jejak Kaki Berusia 120 Ribu Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Setelah selesai nantinya, katedral berornamen yang dirancang arsitek modernis Catalan Antoni Gaudi itu akan memiliki 18 menara.

Menara tertingginya mencapai 172 meter. Dan bangunan itu dijadwalkan selesai pada 2026, pada peringatan 100 tahun kematian Gaudi, yang ditabrak trem.

"Kami tidak dapat mengajukan tanggal baru untuk menyelesaikan pekerjaan bangunan yang dimulai pada 1882, tetapi tidak mungkin (selesai) pada 2026," kata Camps.

Pekerjaan konstruksi tiba-tiba terhenti pada Maret ketika pemerintah Spanyol memerintahkan lockdown nasional untuk memperlambat penyebaran covid-19. Pembangunan kemudian dilanjutkan dalam beberapa minggu berikutnya.

Meski demikian, pekerjaan akan dilanjutkan lebih lambat dari perkiraan awal. Mengingat kurangnya dana karena biaya pembangunannya dibiayai sumbangan dari umat beriman dan pendapatan dari penjualan tiket ke wisatawan, yang keduanya anjlok selama krisis.

Untuk saat ini, Basilika itu hanya memiliki dana untuk menyelesaikan pembangunan menara besar yang didedikasikan untuk Santa Perawan Maria. Menara itu akan menjadi tertinggi kedua dari 18 menara yang akan menghiasi monumen yang telah selesai dibangun. (OL-1)

Baca Juga

dok.mi

Kematian Akibat Covid-19 di AS akan Tembus 200 ribu Jiwa

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:10 WIB
AMERIKA Serikat (AS) akan melampaui 200 rbu kematian akibat virus korona baru (covid-19) dalam beberapa hari...
Antara

Alasan Covid-19, Tiongkok Larang Seafood dari Eksportir Indonesia

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 14:35 WIB
EKSPORTIR makanan laut Indonesia kini dilarang masuk ke negeri tirai bambu tersebut. Alasannya, pemerintah Tiongkok menemukan virus...
AFP

Trump Blokir TikTok dan WeChat Mulai 20 September

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 19 September 2020, 10:40 WIB
Alasan keamanan nasional, Presiden AS Donald Trump melarang warga AS mengunduh WeChat dan Tiktok mulai 20 September 2020. Siapapun warga AS...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya