Kamis 17 September 2020, 08:26 WIB

Pertamina Setor PBBKB Ke Babel Rp107,4 Miliar

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Pertamina Setor PBBKB Ke Babel Rp107,4 Miliar

MI/Rendy Ferdiansyah
MoU Pertamina wilayah Sumbangsel dengan Provinsi Babel

 

SETORAN Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) oleh PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel ke Provinsi Bangka Belitung (Babel) hingga bulan Agustus Rp107,4 miliar.General Manager Marketing Operation Region II Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Asep Wicaksono Hadi mengatakan untuk memaksimalkan data PBBKB, telah disepakati penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait Rekonsiliasi Data Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (16/9) malam di Restoran Gale-Gale Bangka Tengah.

Menurutnya tindak lanjut dari MoU dan PKS ini dalam bentuk penyampaian data yang juga dipergunakan sebagai pengawasan bersama, terutama Tim Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap jalur distribusi dan penyaluran migas. Hingga dapat meminimalisir adanya ketidaksesuaian pendistribusian di lapangan.

"Dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Pertamina bertekad untuk membantu mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah dari PBBKB sektor migas di Provinsi Babel," kata Asep.

Ia menyebutkan pada 2019 kontribusi PBBKB untuk Provinsi Babel sebesar Rp204,7 miliar. Sedangkan untuk tahun 2020 hingga bulan Agustus baru sekitar Rp107,4 miliar.

"Hingga Agustus ini setoran PBBKB kita untuk Babel Rp107,4 miliar," ujarnya.

baca juga: Hama Wereng Serang Tanaman Padi Siap Panen

Sementara Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan berharap dengan adanya Nota Kesepahaman ini diharapkan monitoring dan evaluasi atas upaya optimalisasi pendapatan daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas PBBKB bisa lebih transparan. Dan akuntabilitas pengelolaan PBBKB dapat ditingkatkan, serta sebagai upaya optimalisasi penerimaan pajak.

"Apabila seluruh sumber pendapatan daerah, termasuk yang berasal dari sumber pendapatan pajak sektor migas dikelola secara tertib dan optimal. Maka dipastikan dapat memberikan kontribusi dalam optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Gubernur.(OL-3)

Baca Juga

MI/John Lewar

Bikin Resah, Bakumham Golkar Desak Polisi Tangkap Plasidus Azis

👤John Lewar 🕔Minggu 27 September 2020, 20:30 WIB
POLRES Mabar  didesak menangkap Azis de Ornay yang telah menyebarkan kebencian melalui media sosial dan telah memprovokasi masyarakat...
MI/Dwi Apriani

Petani Disiplin, Empat Lawang jadi Lumbung Pangan Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 27 September 2020, 17:35 WIB
GUBERNUR Sumsel meminta petani harus disiplin, mulai dari pembibitan, pemupukan sampai panen biar losses (kerugian) nya tidak banyak....
dok.mi

50 persen Total Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 27 September 2020, 16:35 WIB
SEKITAR 50% atau sebanyak 3.141 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari total sebanyak 6.577 kasus terkonfirmasi di Riau berhasil sembuh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya