Kamis 17 September 2020, 08:18 WIB

Twitter Sebut Video Biden yang Dibagikan Trump Dimanipulasi

Faustinus Nua | Internasional
Twitter Sebut Video Biden yang Dibagikan Trump Dimanipulasi

Twitter @realDonaldTrump
Tangkapan layar cicitan Donald Trump yang ditandai oleh Twitter.

 

TWITTER, Rabu (16/9), memberi label "media hasil manipulasi" pada video yang dibagikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait saingannya dalam Pilpres AS yang akan datang, Joe Biden.

Video manipulasi itu memperlihatkan Biden memainkan lagu rap dari grup NWA, Fuck tha Police. Biden berdiri di podium, mengeluarkan ponselnya dan memberi tahu penonton, "Hanya ada satu hal yang ingin saya katakan," lalu memutar lagu NWA keluaran 1988 yang berbau protes.

Setelah beberapa detik, dia bercanda, "Jika saya memiliki bakat seperti salah satu dari orang-orang ini, saya akan menjadi, saya akan terpilih sebagai presiden secara aklamasi." Trump melalui retweet memulis "Tiongkok sedang ngiler".

Baca juga: Kemenangan Politik Trump di Timur Tengah

Twitter pun menampilkan peringatan dan memperlihatkan tautan ke cicitan peristiwa sebenarnya. Video asli yang dicicit menunjukan Biden mengeluarkan ponselnya untuk memutar lagu hit Luis Fonsi "Despacito". Hal itu terkadi di Acara Bulan Warisan Hispanik di Florida setelah Biden diperkenalkan oleh Fonsi.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan video yang mengumpulkan lebih dari 2,8 juta penayangan itu diberi label berdasarkan kebijakan media lantaran terbukti dibuat-buat atau dimanipulasi. The United Spot, yang mendeskripsikan dirinya membuat video satir dan memposting cicitan aslinya.

Twitter sebelumnya telah melampirkan label ke cicitan yang diposting dan dibagikan Trump. Hal itu termasuk menambahkan pemberitahuan pemeriksaan fakta di cicitan yang berisi informasi menyesatkan tentang surat suara yang masuk.

Direktur digital Biden, Rob Flaherty, mengkritik pelabelan klip Twitter sebagai tidak memadai.

"Ini adalah cicitan kedua Trump pada video palsu ini. Satu-satunya pemberitahuan yang Anda dapatkan adalah bendera kecil mungil di bagian bawah ini yang merupakan 'media yang dimanipulasi' yang hampir tidak dapat Anda sadari." (France24/OL-1)

Baca Juga

AFP

AS Ancam Blokir Jika Kesepakatan TikTok-Oracle Membahayakan

👤Mediainonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:40 WIB
Jual-beli antara ByteDance, perusahaan induk TikTok, dengan Walmart Inc dan Oracle Corp belum menemui kesepakatan yang...
AFP/Olivier Douliery

Diduga Mata-Mata, 4.000 Pelajar Tiongkok Ditargetkan Otoritas AS

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 17:03 WIB
Gedung Putih menekankan tindakan khusus penting dilakukan untuk melindungi AS dari ancaman Tiongkok. Selain pelajar, otoritas juga...
AFP

Miskin karena Pandemi, Warga Honduras Bergerak ke AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 15:55 WIB
Mereka berangkat dari terminal bus di kota utara, San Pedro Sula, menuju perbatasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya