Kamis 17 September 2020, 00:05 WIB

Barbados Ingin Ratu Elizabeth tidak Lagi Jadi Kepala Negara

Widhoroso, Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Barbados Ingin Ratu Elizabeth tidak Lagi Jadi Kepala Negara

AFP
Perdana Menteri Barbados Mia Ammor Mottley

 

BARBADOS mengumumkan keinginan untuk tidak lagi menempatkan Ratu Inggros, Elizabeth sebagai kepala negara. Negara di perairan Karibia itui ingin menjadi negara republik. "Waktunya telah tiba untuk sepenuhnya meninggalkan masa lalu kolonial kita," jelas pemerintah Barbados dalam pernyataannya, Rabu (16/9).

Keinginan tersebut dinyatakan dengan tujuan untuk menyelesaikan proses tepat waktu untuk peringatan 55 tahun kemerdekaan Barbados dari Inggris, pada November 2021 mendatang.

Pidato yang ditulis oleh Perdana Menteri Mia Mottley mengatakan warga Barbados menginginkan seorang kepala negara yang berasal dari negera mereka. "Ini adalah pernyataan keyakinan tertinggi pada siapa kami dan apa yang mampu kami capai," jelas Mottley.

Istana Buckingham mengatakan bahwa itu adalah urusan pemerintah dan rakyat Barbados. Sebuah sumber di Istana Buckingham mengatakan bahwa gagasan itu tidak tiba-tiba dan telah diperdebatkan dan dibicarakan secara terbuka berkali-kali.

Jika menjadi negara republik, Barbados tidak akan menjadi bekas koloni Inggris pertama di Karibia yang mengubah sistem ketatanegaraan. Guyana mengambil langkah itu pada 1970, kurang dari empat tahun setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Trinidad dan Tobago mengikutinya pada 1976 dan Dominika pada 1978. (BBC/R-1)

Baca Juga

Ist

Di Forum PBB, Gus Yahya : Tak Ada Lagi Dunia Islam Lawan Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 17:53 WIB
KH Yahya Cholil Staquf mengatakan tidak boleh lagi ada persepsi persaingan, apalagi permusuhan, antara dunia Islam melawan dunia Barat atau...
Ilustrasi

Kisah Parti, TKI yang Menangi Gugatan Konglomerat Singapura

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 24 September 2020, 16:07 WIB
"Saya memaafkan majikan saya. Saya hanya ingin memberi tahu mereka untuk tidak melakukan hal yang sama kepada pekerja...
AFP

Korut Tembak Mati Warga Korsel di Perbatasan

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 24 September 2020, 15:38 WIB
Otoritas Korea Selatan menuntut pertanggungjawaban Korea Utara atas insiden tersebut. Diketahui, Korea Utara memerintahkan tembak mati...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya