Rabu 16 September 2020, 20:55 WIB

143 Perusahaan Relokasi Investasi ke Indonesia

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
143 Perusahaan Relokasi Investasi ke Indonesia

Antara
KEPALA Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

 

JURU Bicara Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Tina Talisa, mengungkapkan sebanyak 143 perusahaan multinasional berencana relokasi investasi ke Indonesia.

"Dari 143 perusahaan multinasional tersebut, terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah 7 perusahaan yang sudah memastikan melakukan relokasi investasi ke Indonesia dari Juni lalu," kata Tina saat dikonfirmasi.

Baca juga: Struktur Investasi Mesti Seimbang

7 perusahaan tersebut merelokasi pabrik dari Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan ke Indonesia. Ketujuh perusahaan ialah PT Meiloon Technology Indonesia, PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia, PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia dan PT LG Electronics Indonsia.

Dengan lokasi usaha tersebar di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Bahkan salah satu dari tujuh perusahaan tersebut sudah melakukan ground breaking, yaitu Meiloon Technology (Taiwan) di Subang, Jawa Barat.

"Kelompok kedua adalah 17 perusahaan yang berencana melakukan relokasi investasi. Saat ini posisinya dalam tahap penjajakan 70-80%, dan ada beberapa yang sudah penjajakan 90%," ujar Tina.

Kelompok ketiga adalah 117 perusahaan yang potensial melakukan relokasi investasi ke Indonesia.

"Dengan demikian totalnya menjadi 143 perusahaan. Negara-negara asal perusahaannya adalah dari Amerika Serikat, Jepang Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan sebanyak 143 perusahaan multinasional memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia. Dari relokasi investasi tersebut diperkirakan akan menyerap tenaga kerja hingga 300 ribu orang.

"Berdasarkan data BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), saat ini terdapat 143 perusahaan yang memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia dengan potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300 ribu," kata Airlangga saat webinar Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub yang diadakan HSBC Economic Forum, Rabu (16/9).

Baca juga: Memangkas Penghambat Investasi

Sehingga untuk mencegah pertumbuhan perekonomian yang kembali buruk seperti kuartal II akibat wabah covid, peluang investasi relokasi dari Tingkok ke Asia Tenggara harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iklim investasi.

"Banyak perusahaan multinasional yang mulai merelokasikan industrinya dari Tiongkok ke negara Asia lain terutama di Kawasan Asean," pungkasnya. (Iam/A-3)

Baca Juga

Ist

Sosialiasi ASABRI untuk Divisi Infantri III Kostrad, Kariango

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:59 WIB
Direktur Investasi ASABRI Jeffry Hariyadi P Manulang bersama Simon P Semedi dan tim memenuhi undangan Pangkostrad melaksanakan sosialisasi...
Ist/Kementan

Di Tuban, Penguatan Balai Penyuluhan Pertanian Disambut Antusias

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:40 WIB
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuba, Murtadji, memberikan apresiasi terhadap kedatangan rombongan BPPSDMP, Kementerian...
Ist/Kementan

Petani Milenial Tuban Turut Menentukan Kemajuan Sektor Pertanian 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:31 WIB
Dedi menegaskan jika kualitas SDM pertanian yang terdiri dari Poktan, Gapoktan, petani, petani milenial, dan penyuluh meningkat, pertanian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya