Rabu 16 September 2020, 14:20 WIB

Penting, Meredakan Stres di Tengah Pandemi

Eni Kartinah | Humaniora
Penting, Meredakan Stres di Tengah Pandemi

Dok.Ist
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan stress di masa pandemi covid-19.

 

DI tengah pandemi covid-19, daya tahan tubuh yang kuat diperlukan sebagai tameng pencegah penularan.  Agar daya tahan tubuh tetap kuat, salah satu langkah yang perlu dilakukan ialah meredakan stres. Untuk tujuan itu, kita bisa memanfaatkan aromaterapi dengan essential oil (minyak esensial).

Dokter Reinita Arlin Baskoro menjelaskan, stres bisa dipicu oleh banyak hal. Bahkan, kondisi pandemi ini juga meningkatkan stres. Ketika stres terjadi, tubuh akan diliputi oleh hormon-hormon stres seperti kortisol dalam jumlah yang meningkat. Akibatnya, metabolisme terganggu dan kondisi itu bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Bernyanyi dan Bermusik dapat Atasi Stress Masa Pandemi

Itu sebabnya, stres perlu diredakan. Sejak lama, aromaterapi dari minyak esensial digunakan untuk relaksasi meredam stres.  “Ketika kita mengirup aroma yang kita sukai dari minyak esensial, otak akan terstimulasi, menghasilkan peningkatan hormon-hormon kebahagiaan seperti endorfin. Hormon itu akan memberi pengaruh positif pada sistem metabolisme kita. Sehingga kita akan lebih rileks, daya tahan tubuh pun menguat,” ujar dr Reinita pada peluncuran minyak esensial Trulife oleh Tupperware pada Selasa (15/9) lalu.

Dokter yang aktif mengampanyekan gaya hidup sehat itu menambahkan, penggunaan essential oil telah diteliti sejak lama. Hasil berbagai penelitian menunjukkan beragam manfaat aromaterapi menggunakan esential oil. Seperti, menenangi pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak.

Pada kesempatan sama, Head of Product Development & Communication Tupperware Indonesia, Frangky Angelo Purnomo, menjelaskan, Tupperware resmi menghadirkan produk essential Trulife untuk menunjang gaya hidup sehat masyarakat modern di Indonesia.

“Di tengah kesibukan dalam menjalankan peran kita sehari-hari, terkadang kita lupa untuk memperhatikan diri kita sendiri. Untuk itu, Trulife hadir sebagai teman untuk membantu kita menjalankan pola hidup berkualitas untuk mencapai kondisi tubuh yang sehat dan bugar,” tuturnya.

Sementara ini, lanjutnya, ada tiga varian Trulife yang bisa digunakan masyarakat. Yakni, lavender, lemon grass (sereh), dan peppermint. Kandungannya 100% murni essential oil dan telah bersertifikat halal.

Ia menambahkan, dalam mencari produk essential oil, masyarakat jangan terkecoh dengan harga murah. Sebab, proses pembuatan essential oil memang berbiaya mahal. Untuk membut essential oil lavender satu botol kecil (15 ml) misalnya, dibutuhkan berkilo-kilo bunga lavender segar berkualitas. Karena itu, jika ada produk essential oil yang harganya murah, perlu dicermati apakah kandungannya murni essential oil atau sudah dicampur dengan zat lain, misalnya pewangi buatan. Produk essential oil yang baik hanya mengandung essential oil, alias sari tumbuhan alami tanpa campuran apapun.  

Sementara itu, Board of Directors Tupperware Indonesia, Helen Effendi  menambahkan, di Indonesia Tupperware memang identik dengan varian produk plastik. Namun sebetulnya, secara global Tupperware memiliki tiga pilar bisnis, yaitu produk plastik, produk kecantikan, dan produk kesehatan. “Didorong oleh faktor kebutuhan konsumen, maka kami memperkenalkan Trulife by Tupperware Essential Oil ke pasar Indonesia,” pungkasnya. (RO/A-1)

Baca Juga

MI/Widjajadi

UMS Ikutkan Robot Penyemprot Disinfektan dalam Kontes Robot

👤Widjajadi 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:54 WIB
Ada tiga Tim Robotik UMS yang mengikutkan karya robot mereka di kontes...
LIPI/Riset MI-NRC

Teknologi Hijau Ozon untuk Lindungi Bumi

👤 (Aiw/H-1) 🕔Sabtu 26 September 2020, 07:20 WIB
TAK dimungkiri lapisan ozon yang bermanfaat untuk menangkal radiasi ultraviolet (UV) dari matahari ke Bumi kini semakin...
 ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama.

Isu Perubahan Iklim Masuk di Mapel

👤(Fer/Ant/H-1) 🕔Sabtu 26 September 2020, 07:10 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merancang untuk memasukkan kurikulum mengenai perubahan iklim dalam mata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya