Rabu 16 September 2020, 17:36 WIB

Akibat Pandemi, Pelaku UMKM Harus Ubah Orientasi Bisnis

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Akibat Pandemi, Pelaku UMKM Harus Ubah Orientasi Bisnis

Antara/Aditya Pradana
Perajin menyelesaikan perabot berbahan rotan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta.

 

DI tengah pandemi covid-19, banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengubah orientasi bisnis dan melakukan inovasi produk.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Perubahan di sektor UMKM tidak lepas dari permintaan pasar baru, termasuk pemanfaatan platform digital.

"Didibandingkan kuartal II 2019 dengan saat ini, penjualan di platform digital tumbuh 26%. Saya kira sangat bagus. Apalagi ada penambahan merchant baru sampai 3,1 juta lebih, yang terhubung ekosistem digital," ujar Teten dalam acara peluncuran Bangga Buatan Indonesia (BBI) Pernak Pernik Unik secara daring, Rabu (16/9).

Baca juga: Survei BPS: Mayoritas Pendapatan UMKM Anjlok Akibat Pandemi

Teten menilai penting bagi pelau UMKM untuk bertransformasi saat pandemi covid-19. Suka tidak suka, pandemi telah mengubah permintaan pasar.

"Transformasi yang paling penting. Mereka harus mulai memanfaatkan teknologi dalam strategi pemasaran produk," imbuhnya.

Dengan riset dan sumber daya manusia (SDM) unggul, lanjut dia, bisa menjadi faktor untuk mengembangkan produk UMKM. Sehingga, produknya lebih bervariasi.

"Supaya produk UMKM tidak hanya kripik, akik, batik, tapi mulai bertransformasi ke produk yang mempunyai nilai tambah. Itu hanya mungkin kalau UMKM melakukan transformasi," pungkas Teten.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Kerastase

Kerastase Chronologiste Cegah Rambut Menua Dini

👤MI 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 02:35 WIB
BERDASARKAN riset internal, saat ini 42% wanita generasi milenial usia 25-34 tahun sudah memiliki kekhawatiran akan penuaan...
Dok. Modena

Modena Manjakan Pelanggan dengan Desain Sendiri

👤Gana Buana 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 02:10 WIB
DESAIN produk rumah tangga menawan tentu menjadi idaman setiap...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Sediakan Hunian Bagi MBR, Apartemen Transit Disiapkan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:11 WIB
Hunian vertikal menjadi salah satu solusi dari keterbatasan lahan membangun hunian dan terus melonjaknya harga rumah tapak di kawasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya