Rabu 16 September 2020, 16:19 WIB

BKPM: Investasi Semester I Dalam dan Luar Pulau Jawa Berimbang

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
BKPM: Investasi Semester I Dalam dan Luar Pulau Jawa Berimbang

Ilustrasi
Investasi

 

KEPALA Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan realisasi  investasi pada semester I 2020 merata di dalam maupun luar Pulau Jawa.

Pada semester I 2020 realisasi investasi sekitar Rp402,6 triliun yang terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 195,6 triliun atau 48,6%, dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 207 triliun atau 51,4%.

"Kemudian investasi ini udah mulai mendekati investasi berkualitas. Dalam dan luar Pulau Jawa udah mulai berimbang," kata Bahlil saat webinar Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub yang diadakan HSBC Economic Forum, Rabu (16/9).

Dirinya menjelaskan bahwa realisasi investasi di Pulau Jawa sebanyak Rp208,9 triliun atau 51,9% dan di luar Pulau Jawa Rp193,7 triliun atau 48,1%.

Baca juga : Rantai Pasok Global Guncang, Indonesia Tujuan Investasi Baru

"Data ini memperlihatkan para investor melirik gak hanya di Jawa tapi juga luar Jawa. Lima tahun kemarin Jokowi-JK bangun infrastruktur masif, itu instrumen awal bagaimana para investor menarik untuk investasi di daerah," jelasnya.

Menurut Bahlil, Indonesia mulai dilirik karena salah satu negara yang tidak menerapkan kebijakan proteksionisme atau kebijakan ekonomi yang mengetatkan perdagangan antarnegara.

Dari kebijakan tersebut bisa menekan angka perekonomian sehingga menghalangi aktivitas investasi masuk ke negaranya.

"Artinya apa, kepercaaan inevstor dari semua negara khususnya 5 negara terbesar seperti Tiongkok, Jepang Korea Selatan itu kemudian anggap Indonesia jadi tujuan negara yang positif," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. SOGO

Brand Make Up Asal Jepang Tambah Gerai Baru

👤MI 🕔Jumat 25 September 2020, 00:35 WIB
SEBAGAI leading department store di Indonesia, SOGO Department Store tidak berhenti untuk terus memanjakan para pelanggan...
Antara/Asep Fathulrahman

Kementrian ATR Berhasil Daftarkan 24 Juta Bidang Tanah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 25 September 2020, 00:35 WIB
Selain PTSL, Kementerian ATR bakal berfokus pada pelaksanaan Reforma Agraria. Sofyan juga mengatakan bahwa program ini terus dipantau oleh...
Dok. Pribadi

Industri Kuliner Rumahan Bergeliat Di Tengah Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 25 September 2020, 00:33 WIB
“Saya gunakan sebagian dari insentif pertama saya untuk membeli peralatan membuat kopi dari rumah dan Puji Tuhan saat ini saya sudah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya