Rabu 16 September 2020, 13:08 WIB

Infeksi Covid-19 di India Lewati 5 Juta Kasus

Faustinus Nua | Internasional
Infeksi Covid-19 di India Lewati 5 Juta Kasus

AFP/Prakash SINGH
Warga mengantre untuk menjalani rapid test di sebuah pusat kesehatan pemerintah di New Delhi, India.

 

TOTAL kasus covid-19 di India telah melampaui 5 juta kasus pada Rabu (16/9). Data kementerian kesehatan India menunjukkan penyebaran pandemi semakin cepat di negara yang luas dan padat penduduk itu.

Dengan 1 juta kasus terbaru yang tercatat hanya dalam 11 hari dan menjadi rekor dunia, India kini memiliki 5,02 juta kasus infeksi. Hanya Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dengan 6,59 juta kasus covid-19.

India telah lama mencatat lonjakan kasus harian terbesar di dunia dan pada Rabu (16/9) kenaikannya lebih dari 90.000 dengan rekor 1.290 kematian.

Baca juga: Trump Optimistis Ada Vaksin Covid-19 dalam Beberapa Pekan ke Depan

Sebelumnya, negara itu membutuhkan 167 hari untuk mencapai 1 juta kasus. Tetapi, 1 juta berikutnya datang hanya dalam 21 hari, lebih cepat dari AS dan Brasil, menurut Times of India.

Hanya dalam 29 hari, India kemudian menjadi negara ketiga setelah AS dan Brasil yang melaporkan 4 juta infeksi. Negara Asia Selatan itu pun akhirnya melewati Brasil di awal bulan ini, dengan catatan kasus infeksi virus tertinggi di dunia setelah AS.

Meski demikian, dan dengan India sekarang menguji sekitar 1 juta orang setiap hari, banyak ahli mengatakan jumlah infeksi sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Hal itu telah dibuktikan sejumlah penelitian dalam beberapa pekan terakhir yang mengukur antibodi terhadap virus di antara populasi kota besar yang padat di New Delhi dan Mumbai.

Dewan Penelitian Medis India, badan pandemi utama negara itu, mengatakan, pekan lalu, survei menunjukkan pada Mei, 6,5 juta orang telah terinfeksi.

Hal yang sama berlaku untuk kematian, dengan 82.066 hingga Rabu (16/9), atau kurang dari setengah jumlah korban AS 195.000. Sementara banyak kematian tidak dicatat dengan benar oleh pihak berwenang bahkan dalam waktu normal. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/ Eduardo Munoz Alvarez/Getty Images

Tiongkok Serang AS di Pertemuan DK PBB

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 25 September 2020, 08:06 WIB
Washington telah berulang kali menyerang Tiongkok dan beberapa hari yang lalu Presiden Donald Trump kembali menuduh Tiongkok atas...
AFP/Jaafar Ashtiyeh

Palestina Harap Israel tidak Halangi Pemilu

👤Wisnu Arto Subari 🕔Jumat 25 September 2020, 07:20 WIB
SEJUMLAH kalangan menyambut baik terhadap kesepakatan penguasa Gaza, Hamas, dan saingan mereka, Fatah, di Tepi Barat yang...
AFP/Manuel ELIAS / UNITED NATIONS

PBB Khawatir Penanganan Iklim Sama Buruknya dengan Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 25 September 2020, 07:12 WIB
"Pandemi adalah ujian nyata kerja sama internasional, ujian yang pada dasarnya kami...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya