Rabu 16 September 2020, 04:56 WIB

Antisipasi Persoalan Seragam Baru Satpam

Dmr/X-8 | Politik dan Hukum
Antisipasi Persoalan Seragam Baru Satpam

Ist/Medcom.id
Seragam Baru Satpam

 

KAPOLRI Jenderal Idham Azis menginstruksikan pergantian seragam satuan pengamanan (satpam) menjadi berwarna cokelat, yang mirip dengan seragam Polri lengkap beserta pangkat. Komisi Kepolisian Nasional pun mengingatkan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dengan seragam tersebut.

Pergantian seragam satpam diutarakan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, kemarin. “Pergantian seragam satpam tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, bahwa terdapat lima jenis pakaian dinas anggota satpam disertai dengan pangkatnya, yaitu pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan khusus, pakaian dinas lapangan satu, pakaian sipil harian, dan pakaian sipil lengkap,” ujarnya.

Awi mengatakan filosofi seragam satpam yang berwarna cokelat muda (baju) dan cokelat tua (celana) identik dengan warna tanah (bumi), kayu, dan batu yang alami. Cokelat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, fondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman, nyaman, dan rasa percaya, keanggunan, ketabahan, serta kejujuran.

Semula seragam satpam berwarna putih untuk dinas pagi dan biru tua untuk malam hari. Filosofi kemiripan seragam satpam dengan seragam
Polri, kata Awi, diharapkan bisa terjalin kedekatan emosional di antara keduanya. ‘’Juga menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi satpam, menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat.’’

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyatakan kemiripan seragam satpam dengan seragam Polri borpotensi memunculkan penyalahgunaan wewenang. Dia pun berharap potensi itu diantisipasi sehingga tidak merugikan masyarakat nantinya.

“Diharapkan tidak ada penyalahgunaan ketika menggunakan seragam yang mirip tersebut dan diharapkan tidak ada kekeliruan dari masyarakat ketika mengidentifikasi Polri dan satpam di lapangan,” tutur Poengky.

Menurutnya, warna seragam baru satpam memang mirip dengan seragam Polri, tetapi ada perbedaan. Simbol-simbol dan tanda kepangkatan juga tidak sama.

Poengky menambahkan, satpam merupakan kepanjangan tangan Polri dalam tugas-tugas pengamanan. Berdasarkan Pasal 3 UU Nomor 2/2002 tentang Polri, pengemban fungsi kepolisian adalah Polri yang dibantu oleh kepolisian khusus, penyidik pegawai negeri sipil, dan/atau bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. “Artinya satpam ialah salah satu yang membantu Polri dalam mengemban fungsi-fungsi kepolisian.” (Dmr/X-8)

Baca Juga

Kemenko Perekonomian/kemenkeu/Tim Riset MI-NRC

Dampak Bergulir Anggaran Pemulihan

👤Ihfa Firdausya 🕔Senin 21 September 2020, 03:15 WIB
Pemerintah berjibaku memacu perekonomian untuk memulihkan pertumbuhan triwulan III juga berefek di periode...
Antara

Penundaan Pilkada Jangan Tergesa-gesa

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 20 September 2020, 22:35 WIB
"Jika langsung menunda tanpa ada usaha, ini terkesan terlalu pasrah dan ingin menghindar dari...
Kemenko Polhukam

Syekh Ali Jaber Sambangi Kediaman Mahfud

👤Cahya Maulana 🕔Minggu 20 September 2020, 21:13 WIB
Mahfud berharap kunjungan dan silaturahmi seperti ini bisa saling memberi pengertian dan pemahaman dalam membangun dakwah islam di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya