Rabu 16 September 2020, 03:24 WIB

Turunkan Kasus Harian dalam Dua Pekan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Turunkan Kasus Harian dalam Dua Pekan

Satgas Covid-19/Tim Riset MI-NRC
Provinsi dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

 

PENAMBAHAN kasus positif covid-19 yang terus melewati batas-batas psikologis membuat Presiden Joko Widodo mengambil langkah extraordinary.

Salah satu yang dilakukan ialah memerintahkan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, untuk mengatasi secara khusus penyebaran covid-19 di 9 provinsi.

Kesembilan provinsi ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua,
dan Bali. Ke-9 provinsi itu disebut berkontribusi atas setidaknya 75% total kasus aktif covid-19.

“Kami ingin menyampaikan target pengendalian covid-19 di 8 provinsi ditambah 1 provinsi. Seperti telah disampaikan, Presiden Joko Widodo telah menugaskan Menko Marves dan Kepala BNPB untuk dapat bekerja sama dengan Menteri Kesehatan agar dapat menangani kasus covid-19 di provinsi-provinsi itu,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, secara virtual dari Jakarta, kemarin.

Dalam misi itu, Luhut diberikan sejumlah target. Pertama, penurunan kasus harian. Kedua, peningkatan angka kesembuhan. Ketiga, penurunan angka kematian. Ketiga target itu harus dicapai dalam dua pekan ke depan.

Luhut membenarkan adanya perintah khusus tersebut. Untuk mencapai hal itu, tiga strategi telah disiapkan. Pertama, operasi yustisi demi penegakan disiplin protokol kesehatan. Kedua, peningkatan manajemen perawatan pasien covid-19 agar kasus kematian menurun. Ketiga, penanganan secara spesifi k klaster-klaster covid-19 di setiap provinsi demi peningkatan angka kesembuhan.

“Kita harus melakukan operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan. Kalau kita tidak tindak keras pelanggarnya, mau PSBB 10 kali juga kondisi tidak akan membaik,” kata Luhut, Senin (14/4).

Melalui akun Instagram @luhut. pandjaitan, Selasa (15/9), Luhut pun meminta gubernur di daerah dengan kasus covid-19 tinggi tidak segan bersikap keras dalam penerapan protokol kesehatan. Ia juga meminta mereka menajamkan strategi penanganan covid-19.

Operasi yustisi

Doni Monardo menambahkan, dalam pelaksanaan operasi yustisi, pihaknya akan bekerja sama dengan TNI dan Polri. Satgas juga akan melibatkan tokoh masyarakat seperti pemuka agama dan budayawan untuk mengubah perilaku agar lebih disiplin.

“Kita harap mereka bisa mengajak seluruh komponen masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan sehingga upaya ini bisa kian efektif,” ujar Doni, kemarin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Awi Setiyono menguatkan seruan Doni. “Dalam operasi yustisi, aparat keamanan juga akan memberdayakan komunitas-komunitas yang selaras dengan program perpolisian masyarakat, contohnya komunitas masyarakat di pasar, mal, terminal, stasiun kereta, dan komunitas sepeda di perumahan-perumahan,” kata Awi.

Operasi yustisi sudah dimulai serentak pada Senin (14/9). Hingga kemarin, penambahan harian kasus positif covid-19 masih berada di zona 3.000-an dan tercatat 3.507 pasien. Secara kumulatif, jumlah pasien covid-19, Selasa (15/9), telah mencapai 225.030 orang. (Pra/Fer/Ant/X-6)

Baca Juga

dok.mi

Yusril Akhirnya Dapatkan Keadilan di Mahkamah Agung

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 25 September 2020, 00:30 WIB
TERDAKWA Yusril yang divonis bersalah pada PN Mandailing Natal atas kasus pencurian, vonis tetsebut dibatalkan oleh putusan kasasi Mahkamah...
Antara/Hafidz Mubarak A

Pilkada 2020, Kapolri: Anggota Polri Harus Netral

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 24 September 2020, 23:46 WIB
Idham menuturkan seluruh anggota Polri harus tetap professional dan netral selama Pilkada Serentak 2020 yang bakal digelar di Indonesia...
Antara

Joko Hartono Tirto Dituntut Seumur Hidup

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 24 September 2020, 21:21 WIB
Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto dituntut pidana seumur hidup dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi kasis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya