Rabu 16 September 2020, 00:20 WIB

Kematian di Jateng Turun Drastis

(HT/AS/RZ/RF/MS/RK/AT/N-1) | Nusantara
Kematian di Jateng Turun Drastis

haryanto mega
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

ANGKA kematian akibat serangan covid-19 di Jawa Tengah turun drastis. Dari 6% pada periode 30 Agustus-6 September merosot ke 2,55% seminggu kemudian (6-13 September).

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo seusai memimpin rapat koordinasi dengan tujuh RSUD dan Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan di kantor Dinas Kesehatan Jateng, kemarin.

Meski turun, Ganjar tetap meminta semua pihak, khususnya rumah sakit, agar terus bekerja ekstra agar angka kematian di Jateng semakin turun dan angka kesembuhan meningkat.

Salah satu kota yang penyebaran covid-19 di Jateng masih mengkhawatirkan ialah Kota Semarang. Mencegah penularan lebih meluas, Pemkot Semarang kembali memberlakukan bekerja dari rumah. Aparatur sipil negara yang melaksanakan tugas di kantor tinggal 25%-30%.

Ketidakdisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan (protkes) di Bangka Belitung berdampak tempat karantina di Wisma BKPSDM penuh. Untuk menampung pasien positif yang semakin bertambah, Pemprov Babel terpaksa meminjam Asrama Haji.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan menyatakan meningkatnya pasien covid-19 disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat mematuhi protkes. "Saya akui, disiplin masyarakat kita menerapkan protokol kesehatan masih lemah, terutama yang menggunakan masker dan menjaga jarak. Dampaknya jumlah pasien positif bertambah," katanya.

Erzaldi memutuskan meniadakan isolasi mandiri untuk menjamin tidak menyebarnya covid-19 di lingkungan keluarga. Semua pasien yang terkonfirmasi positif harus langsung menjalani isolasi di Wisma BKPSDM, Badan Diklat, dan Asrama Haji.

Serangan virus korona juga sangat cepat meningkat di Kota Sorong, Papua Barat. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy Laku mengatakan RS Sele Be Solu dan tempat karantina Diklat Kampung Salak sudah penuh dengan jumlah jorban 537 orang.

Sementara di Riau, dengan pertambahan 128 kasus kemarin, korban covid sudah mencapai 4.000 kasus. (HT/AS/RZ/RF/MS/RK/AT/N-1)

Baca Juga

Dok The Learning Farm

Optimisme Petani Cidaun Hingga Sleman di Masa Pandemi  

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 22:25 WIB
Sektor pertanian memang moncer di saat pandemi, namun dibutuhkan kolaborasi para pemangku kepentingan untuk mengungkit kesejahteraan...
Antara

Ulama : Bisnis Prostitusi Daring di Aceh Meningkat Selama Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 22:00 WIB
Maraknya dugaan prostitusi daring yang ditawarkan melalui aplikasi media sosial melalui telepon pintar di Aceh, telah menyebabkan keresahan...
MI/Rendy Ferdiansyah.

BMKG : Aceh Harus Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

👤Mediaindonesia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:30 WIB
Hingga awal pekan depan 'share line' (belokan angin) masih akan terjadi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya