Selasa 15 September 2020, 22:33 WIB

Alokasi Dana Desa Tahun Depan Naik jadi Rp72 Triliun

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Alokasi Dana Desa Tahun Depan Naik jadi Rp72 Triliun

Ilustrasi
Alokasi dana desa naik

 

ALOKASI dana desa tahun depan naik 1,1% menjadi Rp72 triliun dibandingkan  pada 2019 dengan alokasi sebesar Rp71,2 triliun.

"Sasaran yang kita harapkan atau yang kita tuju adalah desa tanpa kemiskin, desa tanpa kelaparan," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Selasa (15/9).

Abdul menuturkan, pihaknya segara menerbitkan Peraturan Menteri (Permendes) yang bakal menjadi acuan para Kepala Desa dalam menggunakan dana desa.

 Menurutnya, kepala desa tidak perlu bingung perihal penggunaan desa. Pasalnya, kata Abdul, didalam aturan baru itu akan dijabarkan target maupun indikator yang menjadi prioritas pembangunan desa yang menggunakan dana desa.

Baca juga : 98% Anggaran Kemensos Tahun Depan Untuk Perlindungan Sosial

 "Misalnya, ada Kepala Desa yang ingin desanya menjadi desa sehat dan sejahtera. Ukurannya Peraturan Menteri, ada arahannya, targetnya, dan indikator yang telah dicapai, kalau mau ngambil target itu," jelas Abdul

Kemendes, bakal menyerahkan pengaturan penggunaan dana desa ke Kepala sesa untuk improvisasi yang akan menjadi prioritas berdasarkan kebutuhan desa masing-masing.

"Seluruh perencanaan pembangunan di desa masing-masing juga harus bertumpu pada adat budaya yang ada di desa kita itu, yang disebut dengan kearifan lokal, supaya tradisi tetap bertahan," papar Abdul. (OL-2)

 

Baca Juga

dok.mi

Selama PJJ, Banyak Anak di NTT Alami Kekerasan Psikis

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 18:00 WIB
SELAMA pandemi covid-19 yang mengharuskan pemerintah menerapkan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak anak di Nusa Tenggara Timur...
DOK Sinar Mas Land

Lawan Covid-19, Sinar Mas Land Terus Dukung Pemerintah Daerah

👤RO 🕔Minggu 27 September 2020, 17:41 WIB
Sinar Mas Land melalui BSD City menyerahkan bantuan berupa bahan pangan kepada masyarakat terdampak covid-19 serta rapid test kit melalui...
Ilustrasi

Update: Kasus Sembuh Covid-19 Tembus 200 Ribu Pasien

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 27 September 2020, 17:29 WIB
Pasien sembuh bertambah 3.611 orang, sehingga total menjadi 203.014 orang. Sedangkan jumlah kasus meninggal bertambah sebanyak 78 orang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya