Selasa 15 September 2020, 18:05 WIB

Erick Thohir Klaim Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Erick Thohir Klaim Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengungkapkan, PT Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan. Obat flu favipiravir tersebut diberikan kepada pasien covid-19 dan selama ini diimpor dari Jepang.

"Alhamdulillah Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan yang selama ini impor. Kita sudah bisa buat sendiri," ujar Erick dalam webinar Kementrian Perhubungan, Jakarta, Selasa (15/9).

Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menegaskan dengan pencapaian perusahaan BUMN tersebut, maka Indonesia tidak perlu lagi impor Avigan lagi.

"Kita tidak mau terus bergantung kepada bahan baku impor. Kami juga terus melanjutkan bagaimana riset-riset kepada (obat) herbal yang bisa membantu," terang Erick.

Perusahan BUMN dibidang farmasi lainnya, sebut Erick, juga tengah berlomba melakukan riset obat herbal yang dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19.

"Kita terus lanjutkan riset-riset kepada herbal yang bisa membantu. Indofarma bakal fokus herbal, Kimia Farma untuk Kimia," tukas Erick.

Selain itu, ia juga menegaskan, pihaknya telah mengirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin tersebut.

"Kita pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar. Kita kirim juga ke BPOM dan ke China pada Oktober ini bersama MUI," pungkas Erick. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Basri Marzuki

Tidak Perlu Panik tentang Kajian Potensi Gempa

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 11:38 WIB
Skenario yang disampaikan tidak serta merta memberikan informasi kejadian gempa dan tsunami di selatan Jawa akan terjadi besok atau...
ANTARA/Puspa Perwitasari

48 Orang yang Kontak dengan Menag Dinyatakan Negatif Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu, M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 29 September 2020, 11:35 WIB
Sampai saat ini Menag masih menjalani proses perawatan dan isolasi di rumah sakit. Proses isolasi sudah berjalan 12 hari sejak 17 September...
MI/RAMDANI

Penelitian Gempa Bumi untuk Perkuat Mitigasi, Warga Jangan Panik

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 29 September 2020, 11:35 WIB
Sejak beberapa tahun yang lalu para peneliti telah melakukan kajian potensi kejadian tsunami di Pantai Selatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya