Selasa 15 September 2020, 16:50 WIB

75 Perawat Meninggal Akibat Covid-19

Atalya Puspa | Politik dan Hukum
75 Perawat Meninggal Akibat Covid-19

Antara
Tenaga kesehatan tengah beristirahat setelah menangani pasien covid-19

 

BERDASARKAN data yang dihimpun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), hingga 14 September 2020, terdapat 75 perawat yang meninggal akibat covid-19.

Melihat hal ini, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat PPNI Harif Fhadillah mengungkapkan, pihaknya menyadari potensi risiko perawat terpapar berbanding lurus dengan penambahan kasus.

Pasalnya, makin banyak pasien yang terpapar akan semakin banyak jumlah perawat yang dibutuhkan untuk memberikan perawatan. Sebagian besar rumah sakit/fasyankes mengalami pun krisis tenaga keperawatan dan harus mengatur ulang penempatan perawat dengan meyesuaikan kondisi pasien dan kemampuan fasyankes.

"Di sisi lain perlindungan terhadap perawat belum sepenuhnya maksimal, proteksi paparan belum sesuai dengan standar keselamatan kerja bagi tenaga keperawatan, ketersediaan alat pelindung diri (APD) belum memadai, jumlah perawat tidak sesuai dengan rasio pasien dan apresiasi dan kompensasi terhadap kinerja perawat belum optimal," kata Harif dalam keterangan resmi, Selasa (15/9).

Untuk itu, Harif meminta kepada semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat untuk bersinergi menekan penyebaran covid-19. Pasalnya, perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lain yang meninggal akibat covid-19 terus bertambah, rumah sakitpun memiliki keterbatasan daya tampung.

"Semua komponen bangsa perlu aktif dan bersinergi mengatasi pandemi, sebab bila lonjakan kasus terjadi, sistem pelayanan kesehatan dapat saja tidak mampu melayaninya," tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok.MI

Presiden Ajak Umat Satu Barisan Hadapi Pandemi Covid-19

👤Dhika kusuma winata 🕔Jumat 18 September 2020, 17:25 WIB
Ikhtiar dhohir yang dimaksud Presiden antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan...
ANTARA

Positif Covid-19, Ketua KPU RI Bekerja dari Rumah

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 18 September 2020, 17:15 WIB
KPU pun menerapkan kebijakan bekerja dari rumah kepada para pegawai mulai 18 hingga 22 September...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Penindakan Protokol Kesehatan di Pilkada Akan Lebih Tegas

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 18 September 2020, 16:40 WIB
Seluruh peserta rapat menyepakati perlu ketegasan dan konsistensi penindakan pelanggaran dalam rangka penegakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya