Rabu 16 September 2020, 07:00 WIB

Mengapa Perlu Memburamkan Rumah Kita di Google Street View?

Fathurrozak | Weekend
Mengapa Perlu Memburamkan Rumah Kita di Google Street View?

Google Street View
Demi keamanan privasi, Anda dapat meminta Google memburamkan gambar kediaman Anda di Google Street View.

JIKA Anda salah satu yang baru-baru ini menonton dokumenter The Social Dilemma, persoalan privasi tentu jadi semakin serius. Termasuk privasi tempat tinggal Anda yang sebetulnya tidak perlu diperlihatkan di dunia digital. 

Hal yang paling umum ditemukan adalah kita bisa melihat tempat tinggal di dalam layanan Google Street View. Ini berarti, orang asing yang tidak kita kenal juga bisa melihatnya. Lalu, bagaimana melindungi privasi tempat tinggal Anda di Google Street View?

Untungnya, ada langkah yang dapat Anda lakukan. Secara khusus, Anda dapat meminta Google untuk memburamkan rumah Anda secara permanen - hanya menyisakan gambar buram sebuah bangunan sebagai gantinya. Prosesnya, ternyata sangat mudah.

Street View, yang diluncurkan pada tahun 2007, memberikan tampilan jalan dari banyak kota besar dan kecil di seluruh dunia. Diambil oleh kendaraan keliling dan fotografer individu yang dilengkapi dengan tas punggung bermuatan kamera. Sejak awal kemunculannya, layanan ini sudah menuai kontroversi. 

Pada tahun 2008, di North Oaks, kawasan pinggiran di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat,  memutuskan tidak ingin foto-foto di daerah tersebut muncul di layanan Google. Komunitas di sana mengancam akan menuntut Google karena masuk tanpa izin. Google pun akhirnya menarik gambar-gambar itu.

Pada tahun 2009, organisasi pelobi Privacy International mengajukan keluhan resmi ke Kantor Komisaris Informasi (ICO) Inggris Raya yang menuduh Google gagal untuk menghapus identitas orang yang ditangkap gambarnya dengan benar. Seperti yang dicatat oleh laporan BBC pada saat itu, jenis kegagalan tersebut bisa berakibat serius.

“Di antara mereka adalah perempuan yang telah pindah rumah untuk melarikan diri dari pasangan yang melakukan kekerasan, tetapi dapat dikenali di luar rumah barunya di Street View,” dalam suatu artikel di BBC. Situasi itu menjelaskan keluhan yang dibuat untuk Privacy International. 

Google tidak pernah benar-benar menjadi pengawas privasi siapa pun. Pada tahun 2010, perusahaan tersebut mengakui kendaraan Street View-nya - yang tak henti-hentinya mengitari lingkungan di seluruh dunia - diam-diam telah mengumpulkan informasi dari jaringan WiFi tidak terenkripsi yang mereka lalui selama bertahun-tahun.

Jadi, jika Anda khawatir tentang penguntit daring, tidak ingin orang asing mengintip ke dalam jendela Anda, atau mungkin Anda menghargai privasi untuk kepentingan sendiri, dan menganggap Google seharusnya tidak mengindeks dan mendigitalkan foto rumah Anda tersedia untuk semua untuk dilihat. Apa pun alasannya, relatif mudah untuk meminta Google mengaburkan gambar rumah atau apartemen Anda di Google Street View. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Buka Google Maps dan masukkan alamat rumah Anda.

2. Masuk ke mode Street View dengan menyeret ikon kuning kecil berbentuk manusia, ada di pojok kanan bawah layar, ke peta di depan rumah Anda.

3. Dengan rumah Anda terlihat, klik “Laporkan masalah” di pojok kanan bawah layar.

4. Pusatkan kotak merah di rumah Anda, dan pilih “Rumah saya” di bidang “Minta pemburaman.”

5. Tulis di bidang yang tersedia mengapa Anda ingin gambar diburamkan (misalnya, Anda mungkin khawatir tentang masalah keamanan).

6. Masukkan alamat email Anda, dan klik “Kirim.”

Yang penting, pastikan itu yang Anda inginkan. Google memperingatkan Anda setelah memburamkan rumah Anda di Street View, “itu permanen.”

Namun, jangan lupa, Anda tinggal di tempat itu. Jika Anda pernah perlu diingatkan seperti apa rupanya, mungkin Anda bisa keluar dan melihatnya sendiri.

Setelah Anda menekan “kirim,” Anda akan menerima email dari Google yang menyatakan Google sedang meninjau gambar yang Anda laporkan dan akan mengirimkan email kepada Anda saat permintaan Anda diselesaikan. Perusahaan dapat menindaklanjuti melalui email, dan meminta Anda untuk lebih spesifik tentang area yang ingin Anda buramkan. 
Jika demikian, Anda perlu melakukan seluruh proses lagi - dengan jelas merinci area tertentu dari gambar yang ingin diburamkan. Tidak ada kejelasan berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk memproses permintaan, jadi sebaiknya melakukannya sesegera mungkin jika ingin gambar tempat tinggal Anda segera hilang (buram). Dan, ini juga bisa dilakukan di Bing Maps milik Microsoft, prosesnya sangat mirip. (M-1)
 

Baca Juga

unsplash.com

Kendalikan Pikiran dengan Meditasi

👤Abdillah Marzuqi 🕔Kamis 24 September 2020, 19:40 WIB
Kelompok meditasi menunjukkan kemampuan yang meningkat secara signifikan dalam memodulasi ritme alfa yang diperlukan untuk mengontrol...
unsplash.com

Tiga Badak Putih Hasil Penangkaran di AS ini Segera Melahirkan

👤Putri Rosmalia Oktaviani 🕔Kamis 24 September 2020, 18:30 WIB
Ini merupakan kali pertama bagi kebun binatang yang berada di wilayah Florida, AS, itu menghadapi kehamilan tiga badak...
CDC

Survei Harvard: Orang Muda Cenderung Mempercayai Hoaks Korona

👤MI Weekend 🕔Kamis 24 September 2020, 15:25 WIB
Peneliti menemukan bahwa orang di bawah usia 25 tahun memiliki kemungkinan 18% untuk percaya dengan klaim palsu terkait...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya