Selasa 15 September 2020, 14:14 WIB

Pengembangan Transportasi, Kemenhub Gandeng 4 PTN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pengembangan Transportasi, Kemenhub Gandeng 4 PTN

MI/Berry Fathahilah
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Perhubungan menggandeng empat perguruan tinggi negeri (PTN) dalam mengembangkan transportasi di tengah Pandemi Covid-19.

Hal itu diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Perhubungan melalui Badan Litbang Perhubungan dengan empat perguruan tinggi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh November.

"Kerjasama dengan empat perguruan tinggi negeri ini dapat berkontribusi terhadap perkembangan transportasi di masa pandemi. Agar masyarakat dapat melakukan aktivitas tetap aman ketika menggunakan transportasi umum," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara webinar 'Transportasi Sehat, Indonesia Maju', Jakarta Selasa (15/9).

Budi menjelaskan dampak pandemi Covid-19 saat ini mempengaruhi perekonomian negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Transportasi, katanya, jadi salah satu sektor penting dalam pergerakan ekonomi sehingga sangat diperlukan adanya terobosan baru.

Baca juga : Utang Luar Negeri RI Tumbuh Melambat 4,1%

"Kebijakan yang ada juga akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi serta dapat memberikan sudut pandang baru bagi para generasi penerus bangsa dalam menciptakan transportasi yang aman, andal, higienis dan humanis,” ujar Menhub.

Budi mengatakan, kerjasama pentahelix dengan melibatkan kolaborasi antara pemerintah, komunitas/masyarakat, kekuatan para akademisi, dunia usaha, dan media, didukung DPR RI.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memaparkan bahwa selama pandemi Covid-19 ini, pihaknya meminta kementerian dan lembaga yang bermitra dengan Komisi V agar menguatkan program kegiatan untuk percepatan ekonomi nasional dengan penguatan infrastruktur mendorong logistik, padat karya dan kegiatan lainnya.

“Dengan terus bertambahnya kasus Covoid-19, kami melihat ada implikasi pada rendahnya penyerapan tenaga kerja di proyek-proyek infrastruktur. Untuk itu kami terus mendorong program padat karya agar diperluas," pungkas Lasarus. (OL-2)

 

Baca Juga

Ray White

Ray White Kembali Raih Top Brand Award

👤RO 🕔Selasa 29 September 2020, 02:50 WIB
Penghargaan Top Brand Award dinilai berdasarkan hasil survei berskala nasional di bawah penyelenggaraan Frontier Consulting Group terhadap...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Pertamina Diproyeksikan Jadi Perusahaan Pembuat Baterai

👤Antara 🕔Selasa 29 September 2020, 02:30 WIB
Pertamina akan berubah dari BUMN energi yang menjual energi fosil menjadi energi baterai untuk kendaraan...
Antara/Puspa Perwitasari

Saham Bank Turun, Pengamat : Investor Asing Belum Yakin

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 28 September 2020, 21:30 WIB
Para investor asing tidak yakin dengan kondisi ekonomi Indonesia dalam enam bulan ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya