Selasa 15 September 2020, 09:00 WIB

Toko Daring ini Manfaatkan Drone untuk Ekspedisi

Galih agus Saputra | Weekend
Toko Daring ini Manfaatkan Drone untuk Ekspedisi

Justin Sullivan/Getty Images/AFP
Kantor Walmart

PERUSAHAAN ritel multinasional asal Amerika Serikat, Walmart Stores Inc,  kini tengah berinovasi dengan teknologi ekspedisi. Program yang rencananya hendak dimanfaatkan untuk mengirim produk kesehatan dan kebugaran itu, mereka kerjakan bersama perusahaan elektronik yang berdiri sejak 2014 yakni Zipline.

Uji coba pengirimannya berlangsung Minggu lalu di Carolina Utara. Kala itu, Walmart masih menggunakan drone Flytrex untuk mengirim beberapa produk seperti bahan makanan dan perlengkapan rumah tangga. Tahun depan, perusahaan yang didirikan Sam Walton pada 1962 ini, juga akan memulai program penerbangannya di sekitar kantor pusat yakni di Bentonville, Arkansas.

Sistem pengiriman Walrmart menggunakan drone buatan Zipline diklaim membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Adapun kemampuan terbangnya dapat mencapai radius 50 mil atau setara dengan 80,4672 km. Pada 2016 dua perusahaan ini pernah melakukan ujicoba, yakni memanfaatkan drone untuk memeriksa inventaris di sebuah gudang.

Menjelang akhir Maret lalu, Zipline juga dikabarkan turut memerangi pandemi Covid-19. Kala itu, salah satu dronenya digunakan untuk mengirimkan obat-obatan dan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit bernama Novant Health Medical Center.

Pengalaman itu diyakini sebagai operasi pengiriman logistik kesehatan pertama yang menggunakan drone saat pandemi.

"Kami akan berjuang dalam jangka panjang untuk melawan Covid-19. Menggunakan drone, tanpa kontak langsung akan menjadi alat penting dalam upaya tersebut. Apa yang sedang kita kerjakan di sini harapannya dapat menjadi contoh untuk negara lain, sehubungan dengan tata cara membangun sistem perawatan kesehatan yang tangguh dan responsif," tutur CEO Zipline, Keller Rinaudo, seperti dilansir The Verge.

Walmart sendiri dewasa ini dianggap sebagai salah satu toko daring terdepan terkait inovasi ekspedisi menggunakan drone. Bulan lalu, kompetitornya yakni Amazon juga telah mendapat ijin dari badan departemen transportasi AS, Federal Aviation Administration (FAA) terkait penggunaan drone dalam ekspedisi. (M-4)

Baca Juga

Dok. Uniqlo

Sejarah Turtleneck, Tak Lepas dari Perempuan

👤Indrastuti 🕔Jumat 25 September 2020, 19:55 WIB
Karakter fiksi Gibson Girl karya Charles Dana Gibson (1867–1944) yang disebut sebagai perempuan yang independen, atraktif dan aktif...
Instagram @badgalriri

Rihanna Segera Luncurkan Koleksi Pakaian Khusus Pria

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 17:42 WIB
Savage X Fenty nantinya akan debut melalui pagelaran busana pada 2 Oktober...
AFP

Turbin Angin Kecil ini Dapat Menghemat Listrik

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 25 September 2020, 15:05 WIB
Para ilmuwan di Tiongkok berharap perangkat tersebut dapat menghasilkan daya listrik berkelanjutan dengan biaya rendah dan cara yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya