Senin 14 September 2020, 23:32 WIB

OJK : Fintech Payment dan Lending Paling Laris di RI

Despian Nurhidayat | Ekonomi
OJK : Fintech Payment dan Lending Paling Laris di RI

Ilustrasi
Ilustrasi fintech

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mencatat perkembangan perushaan teknologi finansial (fintech) berlangsung dengan pesat. Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta mengatakan, dengan perkembangan teknologi pada inklusi keuangan memudahkan para pengusaha bisa mendapatkan pembiayaan atau pinjaman hanya dengan melalui internet.

Adapun penyaluran pinjaman ini akan sangat cepat dan bisa membantu pengusaha dalam mendapatkan dana atau modal yang praktis.

"Para pelaku usaha bisa memilih penggunaan lewat intertet dalam melakukan pinjaman. Jadi praktis dengan adanya fintech bisa membantu usaha ," ungkapnya dalam virtual talkshow bertajuk "Building Digital Ecosystem Through Mandiri API" secara daring, Senin (14/9).

Menurutnya, pertumbuhan bisnis digital berbasis situs ataupun aplikasi di Indonesia terus meningkat. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan kemudahan proses integrasi layanan finansial dalam sistem bisnis perusahaan semakin diperlukan. Adapun fintech payment dan lending paling banyak diminati.

Baca juga : Ternyata, 91,3 Juta Penduduk Indonesia Belum Tersentuh Perbankan

"Fenomena fintech itu muncul 2013 lalu tahun 2015 seiring inovasi juga banyak bermunculan fintech payment dan fintech lending. Kedua jenis fintech itu paling banyak dipakai di Indonesia," kata Tris.

Dia pun menegaskan OJK akan berkomitmen dalam mengawasi Fintech. Hal ini dikarenakan agar tidak merugikan pengguna fintech.

"OJK berkomitmen untuk mengawasi pembuatan fintech dan kegiatanya. Kita juta mendukung fintech membuat inovasi dibidang perizinan ataupun lending," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Wahdi Septiawan

Perbaikan Harga Komoditas Dipengaruhi Ketersediaan Vaksin Covid-19

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 25 September 2020, 20:17 WIB
Pada awal tahun depan, perekonomian diprediksi masih tertekan dampak pandemi covid-19. Alhasil, dinamika suplai dan permintaan diyakini...
freepix.com

300 Pelaku Usaha Bakal Ikuti Digital Conference Unboxing Digital

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 25 September 2020, 18:48 WIB
Pelaku usaha seolah dipaksa belajar lebih cepat sekaligus memanfaatkan teknologi sehingga bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Strategi Mustika Ratu Membuat Minum Jamu sebagai Gaya Hidup

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 17:57 WIB
Dunia usaha dituntut selalu kreatif mengikut-sertakan generasi milenial dan GenZ ikut berpartisipasi menggalakkan industri jamu di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya