Selasa 15 September 2020, 02:10 WIB

Keterlibatan Berbagai Pihak Diperlukan

MI | Olahraga
Keterlibatan Berbagai Pihak Diperlukan

ANTARA
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di dunia olahraga untuk bisa menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo agar tata kelola pembinaan atlet direvisi.

Menurut Menpora, pihak yang diajak berdiskusi beragam, dari lintas kementerian hingga akademisi di perguruan tinggi. “Apa yang diminta Pak Presiden harus segera  (ditindaklanjuti), mungkin pada Oktober nanti akan kita laporkan. Kita masih punya waktu sekitar satu bulan. Walaupun nanti bentuknya (laporan) secara kasar, belum detail, ada kerangka yang bisa dilaporkan. Saya merencanakan untuk awalnya secara garis besar,” kata Zainudin, kemarin.

Zainudin menegaskan keterlibatan Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Komite Olimpiade Indonesia juga diperlukan. Untuk level kementerian, Zainudin mengusulkan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

“Bahkan, kalau bisa, berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri agar kita bisa mendapatkan informasi bagaimana ekosistem keolahragaan di luar negeri. Semoga ini tercapai dan saya kira perlu adanya tim,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Johansyah Lubis menyatakan siap bersinergi dengan pemerintah, khususnya terkait sains sport. Dikatakannya, sains sport merupakan salah satu faktor penentu.

Di tempat terpisah, Ketua Umum KONI Marciano Norman memandang salah satu cara untuk meningkatkan prestasi olahraga ialah standardisasi pelatih cabang-cabang olahraga. Adanya pelatih yang bagus dari tingkat daerah akan memudahkan pembentukan tim nasional dan provinsi.

Di sisi lain, Marciano mendukung keputusan Pemprov DKI yang memberlakukan pembatasan sosial bers kala besar. “Untuk kegiatan atlet yang sudah di lingkungan pemusatan latihan nasional, tetap berjalan sesuai program latihan yang dibuat oleh induk masing-masing dalam persiapan menuju Olimpiade,” tandasnya. (Rif/Dro/R-3)
 

Baca Juga

AFP

Celtics Rebut Gim Ketiga

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 01:45 WIB
BOSTON Celtics, kemarin WIB, berhasil memberikan perlawanan terhadap Miami Heat di lanjutan final play-off Wilayah Timur...
AFP

Sediakan Total Hadiah Senilai Rp500 Juta

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 01:15 WIB
KOMPETISI e-sports PUBG Mobile tingkat Asia akan digelar selama empat hari mulai Selasa...
AFP

Melaju ke Final Italia Terbuka, Halep Cetak Hat Trick

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 20 September 2020, 21:40 WIB
Halep telah memenangkan 13 pertandingan terakhirnya, setelah meraih gelar di Dubai dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya