Senin 14 September 2020, 21:39 WIB

AFT Godok Guru Masa Depan

Syarief Oebaidillah | Humaniora
AFT Godok Guru Masa Depan

MI/Tiyok
Ilustrasi

 

SEBUAH langkah untuk mempersiapkan tenaga pendidik abad 21 yang dibutuhkan di masa depan, Academy of Future Teacher (AFT) menyediakan materi untuk itu.

Program yang diluncurkan Edukasi Universal Indonesia (Eduversal) sejak dua tahun lalu itu, mengajak

mahasiswa semester akhir dan para lulusan fresh graduate untuk mengikuti program magang di sejumlah sekolah menjadi guru.

"Guru yang mampu mempersiapkan murid-muridnya dengan bekal kompetensi abad 21 dalam menghadapi berbagai permasalahan dan berkontribusi positif untuk kemajuan Indonesia," terang Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, kemarin.

Menurutnya, program tersebut tidak hanya akan memberi kesempatan untuk terjun langsung latihan mengajar, namun berkesempatan untuk direkrut menjadi guru tetap di sekolah tempat magangnya tersebut.

Berbagai materi telah disiapkan untuk menjaring calon-calon guru masa depan ini. Di antaranya seminar pendidikan dengan berbagai topik, bedah kurikulum, micro-teaching, diseminasi metodologi belajar dan mengajar, dan pengembangan keterampilan mengajar untuk menguatkan kompetensi pedagogik dan disiplin ilmu yang ditekuni.

Baca juga : Terjadi Penurunan Covid-19 Kasus Aktif di Berbagai Daerah

"Diharapkan bagi peserta yang telah menjalani program ini dapat memiliki bekal sebagai guru kelak yang berdedikasi di manapun mereka mengajar. Baik di sekolah negeri maupun sekolah Internasional yang memiliki kurikulum berbahasa Inggris," terang Dwi.

Dalam AFT nanti, kata Dwi, guru juga akan dilatih untuk dapat membangun karakter peserta didik. "Jadi nanti peserta AFT juga akan dilibatkan dalam kegiatan sekolah," ujar Dwi.

Project Manager AFT, Andry Nur Hidayat mengatakan, para peserta program AFT akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Di antaranya mendapatkan tempat untuk mempraktikkan langsung teori yang didapat di perguruan tinggi dan langsung dapat diaplikasikan di sekolah yang berpengantar bahasa Inggris.

Andry mengungkapkan, pihaknya mengajak mahasiswa Semester lima atau lulus kuliah dari jurusan Bahasa Inggris, Matematika,Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, PGSD, PGPAUD, Olahraga, Seni dan Musik

‘’ Suka mengajar dan berkeinginan kuat menjadi guru terbaik. Tentu harus lewat selekai,’’ paparnya. (RO)

 

Baca Juga

ANTARA/Novrian Arbi

Lebih dari 2.000 Bencana Terjadi Hingga Akhir September 2020

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 23:15 WIB
Berdasarkan data yang tercatat, jumlah bencana 2020 turun sekitar 25,1% dibandingkan pada tahun...
Tangkapan layar konpers daring Kemenristek

Kemenristek Tindaklanjuti Riset ITB soal Tsunami 20 Meter di Jawa

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 30 September 2020, 23:05 WIB
Kementerian Riset dan Teknologi menyiapkan sejumlah langkah dalam merespons temuan riset potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau...
ANTARA FOTO/Risky Andrianto

DKI Gandeng Swasta Olah Sampah di Bantargebang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 22:45 WIB
Dalam kolaborasi ini, pihak swasta mendukung kegiatan penambangan sampah atau 'landfill mining' pada zona tidak aktif di TPST...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya