Senin 14 September 2020, 21:22 WIB

Satgas Covid-19 UGM Isolasi Sebagian Panitia PPSMB 2020

Agus Utantoro | Nusantara
Satgas Covid-19 UGM Isolasi Sebagian Panitia PPSMB 2020

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi : Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saat seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Kampus UGM, DI Yogyakarta.

 

SEBAGIAN panitia PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) Universitas Gadjah Mada tahun 2020, diminta melakukan isolasi oleh Satgas Covid-19 UGM.

Kasubdit Pengembangan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan, Dr. dr. Rustamadji, M.Kes, Senin (14/9) mengatakan hal itu terpaksa dilakukan karena salah satu keluarga dari mahasiswa panitia PPSMB 2020 ada yang dinyatakan positif Covid-19. Sambil menunggu hasil tes Swab mahasiswa tersebut maka Satgas Covid-19 UGM melakukan isolasi beberapa mahasiswa panitia PPSMB lainnya.

"Sambil menunggu hasil tes Swab dari Puskesmas keluar kita lakukan isolasi di fasilitas isolasi UGM dengan pemantauan kesehatan hingga
hasil tes Swab keluar," jelas, Dr. dr. Rustamadji, M.Kes, Senin (14/9).

Rustamadji menambahkan apabila tes swab dari mahasiswa yang kontak dengan keluarganya itu positif maka akan dilanjutkan dengan tes Swab bagi mahasiswa yang melakukan kontak erat. Namun, apabila hasil tes Swab negatif akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan klinik GMC untuk penerbitan surat keterangan sehat. "Hal ini sudah kami informasikan kepada orang tua para mahasiswa panitia PPSMB juga," kata Rustamadji yang juga Ketua Satgas Covid-19 UGM tersebut.

Kabag Humas dan Protokoler Universitas Gadjah Mada, Dr. Iva Ariani menambahkan, kampus kemudian melakukan asasment setelah ada surat dari satgas terkait adanya orangtua salah satu mahasiswa yang positif.

Ia menambahkan mahasiswa yang keluarganya positif covid-19 dan teman-temannya nsatu divisi pada pelaksanaan PPSMB itu selain
dikarantina juga akan menjalani tes swab. Jadwal pelaksanaannya masih menunggu penjadwalan lanjutan.

Para mahasiswa menjalani karantina di Wisma Darma di Jalan Andong, Baciro, Yogyakarta. "Keseluruhannya sebanyak 49 mahasiswa," ujarnya.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/338108-ugm-beri-kesempatan-mahasiswa-ajukan-keringanan-ukt

Ia menambahkan dua kelompok yang beinteraksi, terdiri dari 26 dan 23 mahasiswa, mereka dikarantina. PPSMB UGM 2020 resmi dibuka Senn (7/9/2020) oleh Presiden Jokowi secara daring. PPSMB UGM diikuti 7.927 mahasiswa Program Sarjana dan 1.141 mahasiswa Program Diploma Empat atau Sarjana Terapan. (OL-12)

Baca Juga

MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Belajar Ketahanan Pangan Dari Po Teumerehom Teungku Di Kandang

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 29 September 2020, 07:24 WIB
Memasuki musim tanam, masyarakat di Kampung Kandang, Aceh menggelar kenduri blang agar saat turun ke sawah menanam padi bisa berjalan...
MI/Marcelinus Kelen

Situasi Keamanan di Intan Jaya Berangsur Normal

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 29 September 2020, 07:12 WIB
Setelah beberapa kali terjadi gangguan keamanan dan mengakibatkan korban jiwa, kondisi di Kabupaten Intan Jaya kembali kondusif. Bupati...
MI/Hijrah Ibrahim

Kasus Ijazah Palsu Cabup Halsel akan Diperiksa Selepas Pilkada

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 29 September 2020, 06:37 WIB
Meski begitu, polisi akan menggelar penyelidikan dengan mengumpulkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya