Senin 14 September 2020, 20:31 WIB

BMW Motorrad Rilis Rantai Anti-aus

mediaindonesia.com | Otomotif
 

SAAT ini rantai masih menjadi komponen favorit sebagian besar produsen sepeda motor untuk penyalur tenaga mesin ke poros roda belakang. Masalahnya secanggih apapun sepeda motornya, rantai tetap perlu perawatan demgan cara dibersihkan dan dilumasi agar fungsinya terjaga dengan baik.

Pada periode tertentu, rantai juga akan mengalami keausan dan kendur sehingga pemilik sepeda motor harus menyetel poros belakang agar ketegangan rantai kembali normal. Bila tidak dilakukan maka rantai akan berisik dan risiko terburuk adalah putus di tengah jalan.  

Produsen sepeda motor Jerman, BMW Motorrad mengatakan pihaknya telah menemukan solusi tersebut dengan memperkenalkan rantai BMW M Endurance. Maintenance-free chain alias rantai bebas perawatan ini diklaim tidak membutuhkan pelumasan dan bahkan tidak butuh penyetelan ulang ketegangannya. 

Rantai BMW M Endurance ini memanfaatkan teknologi diamond coating industri pada bagian roller-roller-nya untuk mendapatkan kekerasan dan daya tahan ekstrem. Lapisan ini menurut BMW Motorrad tidak mudah rontok dan secara drastis mengurangi koefisien gesek pada bagian di mana gigi sproket berinteraksi dengan permukaan roller.

Lapisan yang disebut industrial diamond coating atau 'tetrahedrally amorphous carbon' (ta-C) ini tidak hanya terdapat pada roller, akan tetapi juga terdapat pada bushing/bantalan roller pin (berupa batang poros kecil yang menyatukan mata rantai satu dengan lainnya).

Meskipun demikian, rantai BMW M Endurance tetap dilengkapi X-ring seal karet di antara plat rantai luar dan plat rantai dalam. Seal karet ini berfungsi untuk mencegah pasir dan debu masuk di antara bushing dan pin.

Rantai canggih ini tersedia dalam ukuran 525 pitch yang cocok untuk digunakan pada model-model sepeda motor BMW S1000RR dan S1000XR sebagai pilihan dan sebagai produk aksesoris aftermarket. Sayangnya, tidak ada keterangan apakah produk ini bisa digunakan oleh sepeda motor di luar BMW.

Selain itu, pihak BMW Motorrad tidak menjelaskan seberapa lama rantai ini mampu bertahan. Tidak pula dijelaskan apakah pemakaian rantai ini lebih panjang dari usia pakai sepasang roda gigi sproketnya.

Meskipun tidak dicantumkan harganya, situs motorcycle.news melaporkan bahwa harga eceran rantai BMW M Endurance mencapai US$340 atau sekitar Rp5 juta lebih, hanya untuk rantainya saja. Sementara untuk satu set lengkaop dengan sepasang gigi sproket dibanderol US$507 atau sekitar Rp7,5 juta.

Baca Juga

ADM

Dukung PSBB Daihatsu Terapkan Kerja Kantor 1 Minggu/Bulan

👤RO 🕔Sabtu 19 September 2020, 20:18 WIB
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada 14 September melalui Peraturan Gubernur DKI...
Morris Garage (MG) Indonesia

Menengok Sejarah Merek Mobil MG

👤RO 🕔Sabtu 19 September 2020, 16:15 WIB
MG hadir di Indonesia dengan meluncurkan MG ZS di Maret 2020 dan yang terkini MG HS di Agustus...
Pertamina Persero

Komunitas Otomotif Dukung Program Langit Biru Pertamina 

👤RO 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:30 WIB
Pada acara ini, Pertamina melakukan sosialisasi 'Langit Biru' kepada 10 komunitas otomotif roda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya