Senin 14 September 2020, 17:28 WIB

Jauhi Stres dan Kelelahan Anggota Keluarga di Masa Pandemi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Jauhi Stres dan Kelelahan Anggota Keluarga di Masa Pandemi

Istimewa
Ilustrasi

 

PIJAT refleksi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kelelahan di tubuh yang semakin digemari masyarakat. Terapis Senior Malika Refleksi Keluarga, Sudirman mengatakan, pijat refleksi merupakan salah satu metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok.

"Pijat refleksi mengutamakan titik-titik tertentu pada tubuh yaitu tangan, kaki, dan pundak, yang diyakini berhubungan langsung dengan saraf-saraf organ tubuh," kata pria yang biasa dipanggil Samsu itu di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Lima Langkah Mudah Jaga Kesehatan Keluarga

Ketika titik-titik tersebut dipijat, saraf organ-organ tubuh akan terstimulus sehingga dapat memulihkan kesegaran tubuh. Menurutnya, pijat refleksi tidak bisa dilakukan sembarang orang karena hanya bisa dilakukan oleh terapis yang memiliki pengalaman.

"Masyarakat menyukai pijat refleksi karena dianggap sebagai metode pengobatan penyakit tertentu dengan aman, tanpa harus mengonsumsi obat-obat yang mayoritas mengandung bahan-bahan kimia. Teknik ini sebaiknya dilakukan terapis yang berpengalaman," imbuh Samsu.

Di sisi lain, pijat tradisional juga menjadi pilihan bagi keluarga terutama mereka yang ingin me-recharge tubuh lantaran bosan karena harus menjalani PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Selain pijat refelksi, pijat tradisional termasuk yang digandrungi masyarakat.

Rudiansyah, salah satu terapis Malika Refleksi menambahkan, pijat tradisonal ialah teknik mengurut kaki hingga kepala, punggung, dan semua urat syaraf. Untuk mendapatkan hasil maksimal, seseorang sebaiknya dipijat dengan durasi 1,5 Jam.

"Ada banyak manfaat dari pijat baik tradisional maupun refleksi. Di antaranya ialah membantu meringankan sembelit, sakit kepala, dan melancarkan peredaran darah. Di masa seperti sekarang ini, tubuh kita harus punya daya tahan yang baik," cetus Rudiansyah.

Salah satu cara selama pandemi covid-19 masih merebak, daya tahan tubuh memang menjadi kunci. Bila hal itu tidak dijaga dikhawatirkan gampang terserang penyakit. "Kami di Malika Refleksi siap untuk ikut menjaga kesehatan masyarakat," tukas dia.

Salah satu cabang Malika Refleksi Keluarga terletak di Jalan Kampung Babakan Barat Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Protokol kesehatan diutamakan untuk memastikan semua pihak terhindar dari covid-19.

Baca juga: Wisata Tangerang kian Beragam dengan Kehadiran Refleksi

Manajer Malika Refleksi Keluarga, Tauhid Mahyudin, menambahkan beberapa penelitian memastikan pijat refleksi cukup efektif untuk mengurangi gangguan psikologis yang dialami beberapa orang. Begitupula dengan pijat tradisional.

"Mari kita jaga kondisi kesehatan keluarga dengan baik, salah satu upayanya adalah dengan datang ke tempat kami," tutup Tauhid Mahyudin. (RO/A-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Peringatan BMKG, Hujan Sedang-Lebat Guyur Jakarta Hingga Siang Ini

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 20 September 2020, 10:52 WIB
Laman bmkg.co.id menuliskan prakiraan cuaca ini akan dimulai sejak pukul 10.20 dan berlangsung hingga siang...
ANTARA/HO-KLHK

Dua Anak Badak Dilahirkan di Taman Nasional Ujung Kulon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 20 September 2020, 10:35 WIB
Kondisi habitat badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) terbukti masih baik, yang ditandai dengan kelahiran spesies bernama ilmiah...
MI/RAMDANI

Wamenag Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan dan Toleransi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 20 September 2020, 10:16 WIB
Persatuan dan kesatuan, kata Zainut, bukan hanya tugas sekelompok masyarakat atau agama. Melainkan seluruh masyarakat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya