Senin 14 September 2020, 10:59 WIB

Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

Antara | Nusantara
Wilayah Terdampak Kekeringan di Cilacap Bertambah

MI/Lilik Darmawan
Bantuan air bersih

 

WILAYAH terdampak kekeringan dan krisis air bersih di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bertambah menjadi tiga desa. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy menbatakan bahwa hingga akhir pekan kemarin ada satu desa mengalami kekeringan dan telah mengajukan bantuan air bersih, yakni Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung.

"Bencana kekeringan tersebut dialami 237 keluarga yang terdiri atas 714 jiwa yang bermukim di lingkungan RT 01 RW 05. BPBD Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan air bersih ke[ada warga desa tersebut, Sabtu (12/9)," terang Tri Komara Sidhy.
  
"Dengan demikian hingga pertengahan September di Kabupaten Cilacap telah ada tiga desa yang mengajukan bantuan air bersih karena m alami kekeringan. Dua desa sebelumnya yaitu Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten dan Desa Sidaurip, Kecamatan Gandrungmangu," lanjut Tri Komara.

baca juga: Banjir di Kotawaringin Timur Rendam Tiga Kecamatan

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah desa yang mengajukan bantuan air bersih pada musim kemarau kali ini masih sedikit karena pada periode yang sama tahun sebelumnya (pertengahan September 2019) tercatat lebih dari 50 desa mengalami kekeringan. Pada 2020 musim kemarau di Kabupaten Cilacap berdasarkan prakiraan BMKG berlangsung lima bulan sehingga pada November diharapkan sudah turun hujan.
  
"Semoga tidak terlalu banyak daerah yang terdampak kekeringan. Apalagi kemarin masih sering ada hujan di Cilacap meskipun hanya hujan ringan," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

KA Serayu Anjlok, Lalu Lintas Kereta Lintas Selatan Alami Gangguan

👤Kristiadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 22:11 WIB
Saat kejadian, KA Serayu membawa 6 rangkaian termasuk kelas ekonomi. Dalam peristiwa itu, semua penumpang dalam kondisi...
DOK MI

Pemkot Tasikmalaya Cegah Penyebaran Covid-19 dari Klaster Ponpes

👤Kristiadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 20:48 WIB
Puluhan santri yang positif Covid-19, saat ini telah ditangani. Sebagian menjalani perawatan di RSUD SMC Singaparna dan sebagian lagi...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Sumbar Peringati Hari Jadi ke-75

👤Yose Hendra 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 20:40 WIB
Mudah-mudahan peringatan ini dapat memberikan motivasi dan momentum semangat dan pemikiran bagi masyrakat Sumbar agar menjadi lebih baik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya