Senin 14 September 2020, 05:34 WIB

Pasien Positif Tolak Isolasi Terpusat Akan Dijemput Aparat

Antara | Megapolitan
Pasien Positif Tolak Isolasi Terpusat Akan Dijemput Aparat

MI/Pius Erlangga
Pemprov DKI Jakarta menambah tower 4 dan 5 di Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat isolasi terpusat

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa jika ada pasien positif covid-19 menolak untuk isolasi terpusat di tempat yang telah ditentukan, akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan dengan aparat penegak hukum.
  
"Jadi mulai besok semua yang ditemukan positif diharuskan untuk isolasi secara terkendali di tempat tempat yang telah ditetapkan. Bila ada kasus positif yang menolak isolasi di tempat yang telah ditentukan maka akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan bersama dengan aparat penegak hukum," kata Anies di Jakarta, Minggu (13/9).
  
Hal tersebut dilakukan, lanjut Anies karena isolasi mandiri di rumah tinggal memiliki potensi pada penularan covid-19 klaster rumah karenanya isolasi mandiri di rumah harus dihindari.
  
"Dan klaster rumah ini sudah terjadi, karena tidak semua kita memiliki pengetahuan pengalaman untuk bisa menjaga agar kesehariannya tidak menularkan kepada orang lain," ucapnya.
  
Pada Senin (14/9), Jakarta memberlakukan PSBB secara lebih ketat untuk mengganti PSBB Transisi yang saat ini berlangsung di Jakarta, sehingga Anies menyebut pihaknya membutuhkan sarana untuk mengendalikan pesebaran covid-19.

"Terkait dengan sarana isolasi, kita membutuhkan untuk bisa mengendalikan penularan agar makin terbatas dengan cara mereka yang terpapar diisolasi," kata Anies.

baca juga: Tidak Ada SIKM, Penumpang Tetap Tunjukkan Surat Bebas Covid-19
  
Sebelumnya Anies menyatakan Tower 4 dan 5 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dengan kapasitas lebih dari 2.500 kamar, disiapkan untuk menangani orang tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan yang terpapar covid-19. 
  
"Kapasitas di sana lebih dari 2.500 kamar, pakai itu dulu dan disiapkan Tower 4 dan 5," kata Anies di Jakarta, Sabtu (12/9).
  
Pemprov DKI Jakarta  masih mencari alternatif lain untuk menyiapkan tempat perawatan bagi pasien terpapar covid-19 termasuk kemungkinan gelanggang olah raga (GOR). (OL-3)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Cari Tau Cara Atasi Banjir, Pansus DPRD Belajar dari Surabaya

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:16 WIB
Sebelumnya, Pansus Banjir juga sudah ke Pekalongan dan Semarang untuk mempelajari hal yang...
MI/USMAN ISKANDAR

Pemprov DKI Tambah Pompa untuk Antisipasi Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 21:26 WIB
Hal itu dipastikan dari pengajuan anggaran Dinas SDA DKI pada rancangan APBD Perubahan 2020 yang saat ini sedang dibahas oleh DPRD DKI...
Dok MI

Pemkot Depok Gelar Rapat Simulasi Suntik Vaksin Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 21:20 WIB
Menurut Dedi, sasaran warga yang akan divaksin sebanyak 60%. Hanya saja di tahap awal baru 20% saja vaksin yang akan didistribusikan ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya