Senin 14 September 2020, 02:10 WIB

Final Sempurna Osaka

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Final Sempurna Osaka

AFP
Petenis putri Jepang Naomi Osaka mencium trofi yang dia raih sebagai juara grand slam AS Terbuka, kemarin

LENGKAP sudah perjalanan Naomi Osaka di ajang tenis grand slam AS Terbuka 2020. Petenis Jepang berusia 22 tahun itu juara di lapangan serta di luar lapangan.

Osaka, petenis peringkat kesembilan dunia yang menempati unggulan keempat di AS Terbuka, menjadi juara setelah mengalahkan petenis Belarus Victoria Azarenka dengan skor 1-6, 6-3, 6-3. 

Perjuangan menyuarakan ketidakadilan rasial pun telah dituntaskan dengan tujuh nama korban kekerasan rasial yang menghiasi masker yang dia pakai dari babak pertama hingga laga final, kemarin.

Dari Breonna Taylor, Elijah McClain, Ahmaud Arbery, Trayvon Martin, George Floyd, Philando Castile, dan di laga final masker Osaka tertulis Tamir Rice bocah laki-laki Afro-Amerika berusia 12 tahun yang ditembak mati polisi di Cleveland, Ohio, pada 2014.

Sanjungan atas keberhasilan petenis keturunan Jepang-Haiti itu menghiasi berbagai media massa Jepang. Petenis putra Jepang Kei Nishikori yang absen karena positif covid-19 menyampaikan ungkapan gembira di akun media sosial atas pencapaian rekan senegaranya itu. 

‘Osaka telah menjadi petenis Asia pertama yang memenangi tiga trofi grand slam’, tulis harian olahraga Nikkan Sports. Capaian Osaka juara AS Terbuka 2018 dan 2020 serta Australia Terbuka 2019 melampui dua trofi grand slam milik petenis putri Tiongkok, Li Na.

Selain itu, Osaka menjaga catatan sempurna di final grand slam. Osaka yang pernah menempati peringkat satu dunia selalu menang di tiga laga pamungkas turnamen sekelas grand slam. 


Laga berat

Perjuangan Osaka untuk meraih grand slam ketiganya benar-benar berat. Azarenka, 31, dengan koleksi dua trofi grand slam di Australia Terbuka (2012, 2013) mampu mendikte Osaka. Osaka kemudian bangkit di set kedua setelah sempat ketinggalan 0-3.

“Aku tidak ingin bermain dengan Anda lagi di final, saya tidak menikmatinya, ini pertandingan yang berat untuk saya,” ungkap Naomi bercanda kepada Azarenka selepas pertandingan yang berlangsung selama 1 jam 53 menit itu.

“Pertandingan ini begitu menginspirasi saya karena saya biasa melihat Anda bermain ketika saya kecil,” imbuh Osaka.

Osaka mampu bertahan pada set kedua kemudian mendapatkan ritme permainan pada gim keempat set ke tiga. Osaka mematahkan servis Azarenka dan unggul 3-1. Itu dilanjutkan dengan mempertahankan servis, kendati sempat tertinggal 0-40, untuk memimpin 4-1.

Setelah itu, upaya Azarenka membendung Osaka selalu gagal. Pukulan Azarenka yang menyangkut di jaring memastikan gelar AS Terbuka menjadi milik Osaka.

Bagi Azarenka yang kini berada di peringkat ke-27 dunia, ini kali ketiga dia gagal di fi nal AS Terbuka. Dua kegagalan sebelumnya terjadi di final 2012 dan 2013. Namun, capaian tahun ini sangat menggembirakan bagi mantan petenis nomor satu dunia itu. Pasalnya, ini merupakan final grand slam pertama sejak kalah dari Serena Williams di AS Terbuka 2013. “Aku memiliki dua minggu yang sangat baik dan aku menikmatinya,” ungkap Azarenka. (AFP/BBC/R-2)
 

Baca Juga

 Kevin C. Cox/Getty Images/AFP

James Sebut Pengalamannya Sukses Bawa Lakers Menangi Gim Pertama

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 15:55 WIB
"ketika kamu memiliki banyak pengalaman di dunia, anda akan merasa seperti permainan sudah dalam kendali anda,"...
AFP/ Kevin C. Cox/Getty Images

Lakers Unggul 1-0 dari Heat di Final NBA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 12:14 WIB
Anthony Davis menyumbangkan 34 poin untuk Lakers sementara LeBron James hampir mencatatkan triple double dengan 25 poin, 13 rebound, dan...
AFP/Stacy Revere / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Komisioner NBA Berharap Musim Depan tidak Perlu Karantina

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 11:15 WIB
Hingga saat ini, NBA belum mematangkan sistem apa yang akan diterapkan untuk musim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya