Minggu 13 September 2020, 19:17 WIB

Badai Sally Ancam Kawasan Pantai Teluk AS

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Badai Sally Ancam Kawasan Pantai Teluk AS

AFP
Foto satelit menunjukkan pergerakan Badai Sally ke arah selatan Florida, AS.

 

BADAI tropis Sally diperkirakan semakin menguat dan menyebabkan banjir. Terjangan badai ini dinilai berbahaya karena membawa angin kencang yang merusak wilayah Pantai Teluk, Amerika Serikat (AS).

Topan Sally bisa menghasilkan duo mematikan dari gelombang badai setinggi manusia. Berikut, curah hujan tinggi di beberapa bagian Louisiana dan Mississippi.

Hampir 90% kematian yang disebabkan angin topan merupakan dampak kombinasi banjir, gelombang badai dan arus deras. Peringatan badai sudah dikeluarkan otoritas di Grand Isle, Louisiana, hingga Ocean Springs, Mississippi. Termasuk Danau Pontchartrain, Danau Maurepas dan metropolitan New Orleans.

Baca juga: Badai Kembar Bidik Pantai AS, Warga Lousiana dan Kuba Mengungsi

Kondisi badai dengan angin berkecepatan 74 mph atau lebih diperkirakan melanda beberapa daerah pada Senin (14/9) malam waktu setempat. Status waspada badai dan peringatan badai tropis sudah diberlakukan. Termasuk, di sebagian Louisiana, Mississippi, Alabama dan Florida Panhandle.

Badai ini menciptakan hujan dan angin disertai petir di barat daya Florida pada pagi ini. Key West, Florida, mengalami curah hujan 9,37 inci akibat Badai Sally. Hujan deras mengakibatkan banyak jalan tertutup dan sejumlah mobil mogok.

Baca juga: Badai Amanda Ciptakan Kehancuran di Amerika

Marathon, Florida, mengalami curah hujan dari Sally pada Sabtu waktu setempat. Sehingga, menetapkan rekor curah hujan harian baru sepanjang September. Badai Sally diperkirakan menguat saat bergerak ke barat laut menuju Pantai Teluk utara awal pekan ini. Serta, bisa menjadi badai Kategori 2 saat mendekati daratan.

Gelombang badai yang berpotensi mengancam nyawa diperkirakan melanda sepanjang Pantai Teluk mulai Senin atau Selasa waktu setempat.(Weather.com/OL-11)

Baca Juga

Ilustrasi

Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19 Dipesan Kosta Rika

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 20:00 WIB
Pemerintah Kosta Rika pada Jumat (25/9) mengumumkan telah bergabung dengan program vaksin COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan...
Antara

Peru Buka Aktivitas Ekonomi Secara Bertahap

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:30 WIB
Hal itu dapat dilakukan asalkan kasus virus korona terus...
AFP

Inggris Janjikan Rp6,4 Triliun untuk WHO

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:15 WIB
Inggris, bersama dengan Prancis dan Jerman, menyatakan dukungan untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya