Minggu 13 September 2020, 17:11 WIB

Pemerintah Sebut Ekonomi Domestik Cenderung Membaik

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Sebut Ekonomi Domestik Cenderung Membaik

Antara/Raisan Al Farisi
Foto udara pembangunan simpang susun Cileunyi yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional.

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan ekonomi Indonesia cenderung membaik dalam beberapa waktu terakhir.

Kondisi itu tecermin dari perbaikan indeks konsumen, indeks manufaktur, pemulihan pasar modal dan stabilitas nilai tukar rupiah.

“Proyeksi ekonomi itu seperti kita ukur suhu tubuh. Kita lihat orang sehat tidak panas. Ini proyeksi dengan capital market, beberapa indeks sudah naik semua. Sampai akhir tahun, pemerintah membuat proyeksi ekonomi minus 1-0,25%," ujar Airlangga dalam wawancara dengan Medcom.id, Minggu (13/9).

Baca juga: Bank Indonesia Yakin Ekonomi RI Tembus 4,8-5,8% Pada 2021

Proyeksi ekonomi nasional mengacu dari kinerja ekonomi kuartal I 2020 yang tumbuh 2,97% dan kuartal II 2020 minus 5,32%. Adapun pada kuartal III 2020, pemerintah memperkirakan ekonomi minus 3-1%. Diharapkan terjadi pemulihan dengan pola V shape pada perekonomian nasional.

"Kita hindari dari V menjadi W. Kalau pesawat itu sudah terbang stall. Kita jaga jangan sampai itu terjadi. Pemerintah melakukan langkah bersama untuk sinkronisasi gas dan rem," terang Airlangga.

Baca juga: Akhir September, Penyaluran Banpres Produktif Ditargetkan 99%

Proyeksi ekonomi minus pada kuartal III 2020, lanjut dia, menegaskan Indonesia akan jatuh dalam jurang resesi. Namun saat pandemi covid-19, resesi bukan hal aneh. Sebab, dampak pandemi merambat ke seluruh sektor ekonomi dan terjadi di berbagai negara.

Indonesia dikatakannya telah menemukan titik terendah pelambatan ekonomi pada kuartal II 2020. Kondisi itu berbeda dengan negara lain yang mengalami resesi, namun titik terendahnya belum terlihat. Artinya, ekonomi Indonesia masih berdaya tahan dan relatif lebih baik ketimbang negara lain.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Ferdinand

OJK Dukung dan Optimalkan Implementasi Pemulihan Ekonomi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 21:24 WIB
Wimboh juga menegaskan OJK siap mendorong industri jasa keuangan untuk menyalurkan sektor-sektor unggulan di Jawa...
Dok MI

Penyaluran Dana PEN Lewati Rp100 Triliun pada Akhir September

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 20 September 2020, 20:00 WIB
"Sudah pasti tahun ini lewat Rp100 triliun, karena sudah lewat semuanya programnya dari mulai program subsidi gaji juga susah jalan...
Ray White Indonesia

Ray White Gelar Acara Penghargaan Secara Virtual

👤RO 🕔Minggu 20 September 2020, 19:22 WIB
Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Ray White dalam memberikan apresiasi pada marketing agent yang sukses meraih pencapaian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya