Minggu 13 September 2020, 12:50 WIB

Sinar Mas Land Gandeng Mitbana Bangun TOD di BSD City

RO | Ekonomi
Sinar Mas Land Gandeng Mitbana Bangun TOD di BSD City

DOK: Sinar Mas Land
Gambar tiga dimensi dari proyek TOD yang akan dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Mitbana.

 

SINAR Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk memulai kerja sama dengan Mitbana Pte Ltd sebagai perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation. Kerja sama itu untuk pengembangan transit oriented development (TOD) berkonsep smart di BSD City.

Didirikan pada Maret 2019, Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura dengan fokus untuk pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana akan membuat pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya pertimbangan pascapandemi.

Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektare di BSD City dengan konsep TOD. Pengembangan ini dapat turut dinikmati lebih dari 200 ribu orang yang sekarang tinggal dan beraktivitas di BSD City.

Kawasan tersebut telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi beragam perusahaan ternama, seperti Apple Developer Academy (yang dijalankan Apple bersama universitas lokal) dan Grab (perusahaan transportasi online dari Singapura).

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia," ujar Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land Michael Widjaja melalui siaran pers Sabtu (12/9) malam.

Pengumuman kerja sama itu melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di semester pertama 2020, dengan jumlah US$3,4 miliar (S$4,6 miliar) dalam 5.348 proyek. Di periode yang sama, Jepang menempati posisi penanam modal asing kedua dengan investasi sejumlah US$2,4 miliar (S$3,3 miliar) melalui 3.708 proyek di Indonesia.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbaharui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi.

Chief Executive Officer Mitbana, Gareth Wong, mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan serta menjadi peluang besar untuk Mitbana. "Kami bersemangat mewujudkan visi kita bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan," tuturnya.

Saat dunia sedang berjuang dalam pandemi Covid-19, lanjutnya, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase dalam waktu yang akan datang.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong. Kerja sama dengan Mitsubishi Corporation dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif dengan teknologi smart home terdepan dari Mitsubishi. Di township lain, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektare.

Dengan pengalaman telah mendesain 26 townships, termasuk lebih dari satu juta rumah di Singapura, Surbana Jurong memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam bidang konsultasi desain urban. Grup ini didirikan pada Juni 2015 melalui peleburan usaha dari House Development Board (HDB) dengan Jurong Town Corporation (JTC) yang memainkan peranan penting sejak awal pembangunan perumahan dan industri di Singapura.

Hingga saat ini, Surbana Jurong terus berkontribusi secara signifikan untuk mengembangkan kawasan urban di Singapura dengan proyek perumahan, jalan, bandar udara, ruang bawah tanah, kawasan pesisir, dan infrastruktur utama lain.

Chairman Mitbana and Group Chief Corporate Officer Surbana Jurong, Chong Lit Cheong, menjelaskan kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land di BSD City ini akan mengedepankan pihaknya dalam pengembangan yang berkesinambungan di Asia. "Surbana Jurong akan mengaplikasikan keahlian kami di berbagai bidang seperti perancangan kota dan infrastruktur," katanya. (S1-25)

 

Baca Juga

Dok Yummy Corps

Resesi Global, Yummy Corp Kantongi Pendanaan Rp175 Miliar

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 25 September 2020, 21:06 WIB
Investor-investor global baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal sudah berinvestasi di Yummy Corp seperti Sinarmas...
Antara/Wahdi Septiawan

Perbaikan Harga Komoditas Dipengaruhi Ketersediaan Vaksin Covid-19

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 25 September 2020, 20:17 WIB
Pada awal tahun depan, perekonomian diprediksi masih tertekan dampak pandemi covid-19. Alhasil, dinamika suplai dan permintaan diyakini...
freepix.com

300 Pelaku Usaha Bakal Ikuti Digital Conference Unboxing Digital

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 25 September 2020, 18:48 WIB
Pelaku usaha seolah dipaksa belajar lebih cepat sekaligus memanfaatkan teknologi sehingga bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya