Minggu 13 September 2020, 09:49 WIB

Anies Pastikan Tower 4-5 Wisma Atlet Siap untuk Isolasi Mandiri

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Pastikan Tower 4-5 Wisma Atlet Siap untuk Isolasi Mandiri

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Tower 5 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Tower 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sudah siap menampung pasien isolasi mandiri. Dalam hal ini, pasien terpapar covid-19 yang tak memiliki gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) dan bergejala ringan.

Nantinya semua pasien dengan kategori di atas akan diberikan pelayanan di Tower 4 dan 5 Wisma Atlet.

"Jadi ke depan, seperti permintaan kita kemarin, orang-orang yang terpapar tanpa gejala atau gejala ringan akan diisolasi secara terpusat terkendali. Tidak lagi isolasi mandiri di rumah. Alhamdulillah sudah disiapkan ada Wisma isolasi Tower 4 dan 5 yang khusus isolasi mandiri. Itu sudah disiapkan mereka yang positif di sana," kata Anies, Sabtu (12/9) malam.

Sebelumnya, Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahana 1 Kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan Wisma Atlet sudah menjamin kesiapan Tower 4 dan 5 akan dibuka untuk isolasi mandiri.

Baca juga: Besok Dua Flat Wisma Atlet Siap Dipakai Pasien Isolasi Mandiri

Menurutnya, dari segi kebutuhan listrik dan medis, dua tower ini sudah siap jika akan difungsikan untuk isolasi pasien covid-19. Karena, seperti fungsi Wisma Atlet yang telah dijadikan Rumah Sakit rujukan untuk penanganan covid-19.

Adapun setiap tower ini diperkirakan bisa menampung sekitar dua ribu pasien. Maka untuk Tower 4 dan 5, imbuh Aris, diperkirakan mampu menampung hingga sekitar 5 ribu pasien. Sebelumnya, kedua tower ini masih kosong namun sudah dipersiapkan untuk pelayanan kesehatanan dalam penanganan covid-19 ini.

“Tapi seperti yang lalu, satu tower itu dari data yang kita miliki kurang lebih bisa memuat sebanyak dua ribuan orang. Dua tower berarti kapasitas tampungnya sekitar 5 ribu-an orang,” jelasnya.

“Sebelumnya Tower 4 dan 5 ini posisinya masih kosong. Itu kan dirapikan untuk menampung pasien sebagai RS Darurat Covid-19,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio

Wagub DKI: Perda Covid-19 Mencakup Keringanan Pajak

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 30 September 2020, 17:48 WIB
Pembentukan aturan khusus ini juga bertujuan mendorong pelaku usaha di Ibu Kota agar bisa bertahan saat pandemi covid-19, serta menciptakan...
dok MI

Dokter Tersangka Kasus Aborsi Meninggal Bukan karena Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 September 2020, 17:46 WIB
Polisi memastikan tersangka kasus aborsi dr Sarsanto W Sarwono, 84, yang meninggal dunia bukan karena terinfeksi...
Ilustrasi

14 Saksi Diperiksa Terkait Pelarian Napi WN Tiongkok

👤Cindy Ang 🕔Rabu 30 September 2020, 16:57 WIB
"Ada 14 saksi yang telah diperiksa yaitu istri dan juga ada beberapa orang disekitar kediaman istri tersangka di daerah Bogor...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya