Minggu 13 September 2020, 08:00 WIB

Polres Klaten Dukung Pengembangan Wisata Girpasang

Djoko Sardjono | Nusantara
Polres Klaten Dukung Pengembangan Wisata Girpasang

MI/Djoko Sardjono
Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu menanam bibit pohon jambu di lahan pekarangan warga Girpasang

 

WARGA Dukuh Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, mendapat bantuan pembangunan dua unit gazebo, 50 bibit pohon buah-buahan dan sembako dari Polres Klaten, Sabtu (12/9).

Girpasang adalah dukuh terpencil di kawasan lereng Gunung Merapi. Untuk  menuju dukuh yang berpenghuni 12 kepala keluarga (KK) dengan 34 jiwa itu harus menapaki sekitar 1.500 anak tangga naik turun lembah curam.

Bantuan pembangunan gazebo dan bibit pohon buah-buahan adalah bentuk dukungan Polres Klaten terhadap rencana pengembangan wisata Girpasang di kawasan lereng Gunung Merapi yang memiliki panorama alam yang indah.

Kapolres Klaten AKB Edy Suranta Sitepu mengatakan pemberian bantuan pembangunan gazebo, bibit pohon buah-buahan, dan sembako untuk warga Dukuh Girpasang, dalam rangka kegiatan rutin bakti sosial Polres Klaten.

"Baksos kali ini selain menyalurkan bantuan sembako 30 paket dan pembuatan gazebo, Polres Klaten juga memberikan bibit pohon jambu, mangga dan alpukat," kata Edy seusai menanam bibit jambu di dukuh tersebut.

Kegiatan baksos di Dukuh Girpasang, yang juga diikuti Wakapolres Kompol Adi Nugrogo serta para Kabag dan Kasat, adalah kali kedua yang dilakukan Polres Klaten. Sebelumnya, baksos diadakan pada 14 Agustus 
lalu.

"Untuk bantuan sembako disiapkan 30 paket. Selain dibagikan kepada warga Girpasang, juga untuk membantu warga Dukuh Ngringin dan Jamuran, Desa Tegalmulyo," ujar Kapolres Sitepu kepada pers di sela kegiatan.

Baca juga: Ronda Malam di Sekitar Lereng Merapi Ditingkatkan

Kapolres menyerahkan bantuan paket sembako di Dukuh Ngringin dan Jamuran dilakukan secara door to door. Pada kesempatan itu, Kapolres berpesan agar warga menaati protokol kesehatan.

Dalam kunjungannya di Dukuh Girpasang, Edy Sitepu terkesan dengan keindahan alam di kawasan lereng Merapi. Bantuan pembangunan gazebo merupakan salah satu upaya mendukung rencana pengembangan wisata di Girpasang.

"Dengan penambahan sarana prasarana, seperti gazebo, kami mengharapkan ke depan nanti pariwisata di Dukuh Girpasang lebih memiliki daya tarik. Sehingga, dapat meningkatkan kunjungan wisata di Girpasang," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno kepada Media Indonesia mengatakan Dukuh Girpasang saat ini dihuni 12 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 34 orang. Warga di dukuh ini peternak dan petani.

Untuk menuju Dukuh Girpasang, hanya jalan setapak berliku dan naik turun melewati sekitar 1.500 anak tangga. Karena itu, warga mengharapkan ada bantuan pemerintah membangun jembatan gantung di Girpasang.(OL-5)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Terus Mengawal Protokol Kesehatan

👤Heri Susetyo 🕔Senin 21 September 2020, 05:20 WIB
Denda dan sanksi sosial terbukti membuat warga lebih disiplin. Di Sidoarjo, jumlah pelanggar protokol kesehatan terus...
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Lebih Ketat setelah 3 Calon Terpapar

👤FL/CS/FR/N-3 🕔Senin 21 September 2020, 05:10 WIB
Gogot Cahyo Baskoro menyebut fenomena itu ialah bukti bahwa banyak peserta pilkada yang mengabaikan protokol kesehatan. “Akibatnya...
ANTARA FOTO/Rahmad

Ada Potensi Bahaya di Masa Pancaroba

👤LD/AU/RF/FL/BB/JI/PO/N-3 🕔Senin 21 September 2020, 05:00 WIB
Ia mengaku sudah menyosialisasikan potensi bahaya ini ke sejumlah daerah. “Musim penghujan di Jateng datang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya