Minggu 13 September 2020, 07:47 WIB

Inggris Disebut Berisiko Kehilangan Kendali atas Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Inggris Disebut Berisiko Kehilangan Kendali atas Covid-19

AFP/Oli Scarff
Pelajar di Inggris menggunakan masker

 

UNIVERSITAS Oxford mengatakan uji coba vaksin covid-19 yang sedang mereka kembangkan bersama AstraZeneca akan dilanjutkan setelah dihentikan sementara karena efek samping yang dilaporkan pada pasien di Inggris.

Berita itu muncul setelah Prof Sir Mark Walport, anggota kelompok penasehat ilmiah pemerintah Sage, memperingatkan Inggris berada di situasi mendekati hilang kendali atas covid-19.

"Anda hanya perlu melihat apa yang terjadi di Prancis dan apa yang terjadi di Spanyol," ujarnya kepada program Today BBC Radio 4.

Angka resmi yang dirilis pada Sabtu, jumlah yang dites positif covid-19 bertambah 3.497 di Inggris. Ini adalah hari kedua berturut-turut jumlah kasus yang dilaporkan harian melebihi 3.000 kasus.

Dengan tambahan itu, membuat jumlah keseluruhan kasus yang dikonfirmasi sejauh ini menjadi 365.174. Sementara itu, angka pemerintah mengungkapkan sembilan orang telah meninggal dalam 28 hari setelah dites positif covid-19, menjadikan jumlah kematian di Inggris menjadi 41.623.

Baca juga:  Inggris Menilai Jeda Produksi Vaksin bukan Kemunduran

Angka resmi menunjukkan epidemi virus korona Inggris tumbuh lagi, setelah angka R, tingkat reproduksi virus, dinaikkan menjadi antara 1 dan 1,2 untuk pertama kalinya sejak Maret.

Sementara itu, kasus covid-19 harian di Skotlandia telah mencapai level tertinggi empat bulan, menurut data terbaru pemerintah Skotlandia.

Sebanyak 221 orang dinyatakan positif covid-19 dalam 24 jam terakhir, angka harian tertinggi sejak 8 Mei, ketika tercatat 225 orang dinyatakan positif.(BBC/OL-5)

Baca Juga

AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

PBB Minta Semua Negara Bantu Pendanaan Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 08:02 WIB
Program ACT-Accelerator dan fasilitas COVAX-nya sejauh ini telah menerima US$3 miliar tetapi masih membutuhkan US$35 miliar...
AFP/NOAH SEELAM

Meski Kasus Covid-19 Melonjak, India Longgarkan Pembatasan

👤Nur Aivanni, Faustinus Nua 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 07:22 WIB
Sejauh ini, India telah mencatat lebih dari 6,2 juta kasus, nomor dua setelah Amerika Serikat (AS), dan lebih dari 97 ribu...
AFP/STR

Putin dan Macron Minta Pertempuran di Karabakh Dihentikan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 06:39 WIB
"Vladimir Putin dan Emmanuel Macron meminta pihak yang bertikai menghentikan tembakan sepenuhnya dan secepat mungkin, mengurangi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya