Minggu 13 September 2020, 03:20 WIB

Gede Sukarma Dijaya: Sepeda Lokal yang Mendunia

Bagus Pradana | Weekend
Gede Sukarma Dijaya: Sepeda Lokal yang Mendunia

MI/SUMARYANTO BRONTO
Gede Sukarma Dijaya.

SAAT mendengar merek sepeda Le Bui, mungkin Anda bisa mengira itu sebagai salah merek luar yang menyerbu Tanah Air. Nyatanya merek sepeda listrik dengan tampilan sekilas mirip motor trail ataupun motor vintage ini merupakan asli buatan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pencipta sekaligus pemilik Le Bui ialah Gede Sukarma Dijaya. Setelah diproduksi sejak 2016 di Desa Keru, Narmada, Le Bui kini sudah dipasarkan di Amerika Serikat melalui dua diler.

“Nama Le Bui itu diambil dari akronim Lombok E-Bike Builder, kemudian lebui sendiri sebenarnya adalah nama tanaman endemik yang hanya tumbuh di Lombok. Jadi, filosofi nya sepeda Le Bui ini hanya ada di Lombok, tidak ada di tempat lain,” ujar Gede Sukarma saat menjadi narasumber dalam talk show inspiratif Kick Andy Show, episode Sepeda Lokal Go Global, yang tayang hari ini.

Berbeda dari sepeda listrik kebanyakan, desain sepeda Le Bui mengusung konsep sporty yang menonjolkan penggunaan rangka dan ban sepeda yang besar serta kapasitas baterai berdaya besar. Meski menonjolkan desain unik, Gede menuturkan konsep sepedanya tak hanya soal gaya, tetapi juga mengenai masalah keamanan dan kenyamanan penggunanya. Sebab itu, berbagai perangkat keamaan seperti lampu dan rem mendapatkan perhatian lebih darinya.


Jarak Tempuh Jauh

“Desain sepeda saya sudah mempunyai model sendiri, bukan lagi mode dari toko-toko yang kemudian dikonversi sedemikian rupa. Jika dicas 2 sampai 6 jam, sepedanya sendiri bisa menempuh jarak 40 kilometer sampa di atas 100 kilometer, beda dengan sepeda listrik lainnya,” papar pria 50 tahun itu.

Gede juga mengungkapkan sepeda listrik karyanya memiliki jackshaf atau gir penghubung rantai sepeda Meski terlihat sederhana, penambahan itu berdampak signifikan pada performa sepeda. “Secara fungsional jackshaft itu kan frame-nya besar se hingga juga membuat daya tampung baterai semakin luas. Jadi, kalau mau ditambah baterai, sebanyak apa pun juga tidak masalah,” tambahnya.

Setelah sukses menembus ‘Neger Paman Sam’, baru-baru ini Le Bui juga digandeng Gubernur NTB Zulkiefl i mansyah dalam rangka pengadaan sepeda listrik untuk menunjang mo bilitas PNS di seluruh NTB.

“Ke depan, 2021, saya akan mula memproduksi besar-besaran untuk wilayah NTB dan kemungkinan besar Pak Gubernur Zulkieflimansyah akan ngasih saya target untuk menyelesaikan 100 unit sepeda listrik dalam kurun waktu satu tahun. Nantinya sepeda ini akan dipakai untuk kerja dinas di NTB,” pungkas Gede. (M-1)

Baca Juga

University of Calgary/DailyMail

Arkeolog Temukan Mumi Tumbal Ritual Suku Inca Kuno

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:05 WIB
Mumi ini diprediksi berusia lebih dari 500...
Instagram/barliasmara

Jakarta Fashion Week 2021 Hadirkan Tribute to Barli Asmara

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:30 WIB
Bentuk penghargaan untuk Barli Asmara berupa pagelaran khusus bertajuk "Tribute to Barli...
MI/Bayu Anggoro

Jelang Libur Panjang, Inilah Kota-Kota Favorit untuk Staycation

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 18:06 WIB
Staycation di penginapan dengan fasilitas lengkap dekat jadi salah satu pilihan wisata yang populer saat ruang gerak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya