Sabtu 12 September 2020, 17:54 WIB

Banyak Negara Mundur, Piala Thomas dan Uber Diharapkan Ditunda

Akmal Fauzi | Olahraga
Banyak Negara Mundur, Piala Thomas dan Uber Diharapkan Ditunda

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Pebulu tangkis ganda putra Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan

BANYAKNYA negara yang mundur, serta jaminan kesehatan terkait Covid-19 yang belum jelas dari penyelenggara menimbulkan pertanyaan apakah turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 dibatalkan secara menyeluruh.

Pada Jum’at (11/9), tim bulutangkis Indonesia resmi mengundurkan diri dari kejuaraan yang harusnya dilangsungkan di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober 2020 mendatang. Dilansir dari laman resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) Sabtu (11/9), selain Indonesia, negara lain yang sudah dipastikan mundur yakni Australia, Taiwan, Thailand dan Korea Selatan.

“(Keputusan) bukan mendadak. Banyak pertimbangan akhirnya (memutuskan) batal," kata Kapten tim Thomas Indonesia, Hendra Setiawan, Sabtu (12/9).

Pemain yang dijuluki The Daddies itu mengatakan, ada risiko besar bila tim Thomas dan Uber nekat berangkat ke Denmark di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia. Apalagi, belum ada jaminan dari panitia ihwal keselamatan atlet melalui protokol yang ketat.

“PBSI sudah punya pertimbangan sendiri. Memang sudah ada protokol kesehatannya, tetapi risikonya lebih banyak kalau berangkat. Seandainya nyampe sana dites swab, positif (Covid-19), kan harus karantina 14 hari, percuma nyampe sana. Timnya satu positif, pincang kekuatannya," kata dia.

Hendra menjelasakan, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan atlet sudah membahas kemungkinan-kemungkinan sebelum memutuskan mundur. Dari hasil pembahasan, sebagian atlet merasa takut dengan ancaman Covid-19.

“Kalau dari pemain setengah-setengah, ada rasa takut tapi pengin main. Kalau sudah setengah-setengah gitu percuma. Hati dan pikiran enggak 100%, main juga enggak maksimal, apalagi Thomas Cup pertandingan besar yang butuh fokus," kata peraih emas Olimpiade tahun 2008 itu.

Meski kecewa dan sedih, Hendra masih berharap gelaran Thomas dan Uber 2020 bisa diundur tahun depan. (OL-4)

Baca Juga

AFP/ Al Bello/Getty Images

Cornet Khawatir Soal Kehadiran Penonton di Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 21 September 2020, 07:08 WIB
Prancis Terbuka akan digelar pada akhir bulan ini dengan membatasi jumlah penonton menjadi sebanyak 5 ribu orang per...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Pogacar Juara Tour de France 2020

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 21 September 2020, 06:05 WIB
Dengan catatan waktu total 87 jam 20 menit 05 detik, Pogacar juga merupakan pembalap Slovenia pertama yang menjuarai Tour de...
AFP/Clive Brunskill

Juara Bertahan Pliskova Melaju ke Final Italia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 21 September 2020, 05:55 WIB
Pliskova keluar dari babak empat besar dengan kemenangan atas rekan senegaranya dari Rep Ceko yaitu Marketa Vondrousova 6-2 dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya